Bulan Ramadhan Main Medsos? Why Not?

Memasuki akhir-akhir bulan Ramadhan nampaknya agak hambar jika kita tidak berbicara kaitan antara media sosial dan bulan Ramadhan. Mungkin ada beberapa orang yang khawatir bahwa ibadah Ramadhannya akan terganggu dengan media sosial. Nah, di sini kami hadir untuk membuat kalian makin khusyu’ beribadah.

Apa aja cara-cara untuk tetap khusyu’ beribadah tetapi tidak meninggalkan media sosial? Tidak usah lebay seperti akun Iw*nPili*ng yang membatasi 7 twit di Twitter tapi terkadang lebih juga. Cukup simak tips-tips kami dan kalian akan semakin khusyu” di 10 hari terakhir Ramadhan ini:

  1. Jangan keseringan lihat TL kamu

Seringkali hati ini ingin sekali memegang handphone. Membuka Twitter, Path atau yang lainnya. Di 10 hari terakhir ini mending kamu kurangin. Apalagi kalo lagi di Mesjid. Kurang-kurangin yah sahabat!

  1. Follow akun yang bernuansa Islami

Ada banyak sekali akun-akun di Twitter yang isinya twit-twit Islami. Dari yang riil seperti ustadz-ustadz atau anonim seperti kutipan-kutipan hadits/ayat Al Quran. Contoh akun ustadz yang penulis suka adalah @ust_wijayanto

  1. Unfollow akun-akun “meresahkan”

Akun meresahkan ini kita artikan adalah akun yang membuat pahala ibadah kamu berkurang. Biasanya akun-akun ini seringkali posting foto-foto vulgar atau semacamnya. Nah, di 10 hari terakhir ini usahakan timeline kamu udah bersih dari akun-akun ini.

  1. Berbagilah kata-kata bijak

Jangan update status dengan isinya makanan melulu. Kami mengerti maksud kamu ingin lucu-lucuan atau setidaknya berbagi kebahagiaan. Tetapi sesekali posting potongan-potongan hadits atau ayat Quran tidak membuatmu rugi kok.

  1. Jangan pernah posting ketika solat

Ini adalah sesuatu yang haram. Kalau kamu masih saja posting-posting sesuatu ketika solat namanya kamu gak solat atuh. Solat atau posting? Dasar manusia zaman sekarang. Hindari yah yang seperti ini.

5 tips dari kami tersebut Insya Allah akan menambah kekhusyu’an ibadah kamu. Coba praktekan di 10 malam terakhir Ramadhan nanti. Pastinya kamu akan mendapatkan manfaat yang sangat besar. Selamat beribadah.

Related Posts