Cara Bijak Menggunakan Facebook Reaction

facebook reaction

Facebook mengeluarkan fitur baru untuk menyegarkak platform mereka. Sekarang kamu tidak hanya menge-Like dengan simbol jari jempol ke atas. Kamu bisa memberikan respon dengan tersenyum, “wow”, “haha”, love, sedih dan marah. Facebook pun membungkus respon-respon tersebut dengan grafis yang lucu. Kamu pun juga tertarik untuk menggunakannya, bukan?

Tetapi kamu tahu bahwa Indonesia banyak sekali makhluk baper (bawa perasaan) atau koper (korban perasaan).  Ada ungkapan “Satu reaksi Love muncul di Facebook, hancur Move On 7 tahun”. Lalu, bagaimana menghindari munculnya baper dan koper? Berikut kamu coba jelaskan:

  • Jangan Marah Terhadap Postingan Politik

Kamu tidak suka dengan seseorang karena postingan politik? Kamu KMP dia KIH? Kamu KIH dia KMP? Kalau keadaannya seperti itu, kamu jangan pernah memberi reaksi marah karena bisa saja kamu menimbulkan benih-benih permusuhan di dalamnya.

  • Berikan Love Pada Postingan Foto Bayi

Wajarnya orang-orang akan memberikan reaksi Love. Kalau kamu ingin memberi reaksi sedih, marah atau yang lain itu tergantung pandangan kamu. Resiko tanggung sendiri.

  • Jangan Mentertawakan Postingan Keluhan

Kamu pasti sering menjumpai teman kamu memosting curhatan. Bagaimana kesedihan hidup mereka, kesialan yang mereka jumpai. Tips dari kami adalah jangan pernah memberi reaksi tertawa (Haha). Jangan pernah mentertawakan kesedihan orang lain.

  • Jangan Sedih di Postingan “in relationship” Mantan

Daripada kamu memberi reaksi sedih dan nantinya baper. Mending kamu mengalihkan pandangan ke postingan lain. Cari video lucu di Youtube atau membaca Al Quran. Kalau terpaksa ingin memberi reaksi, berikan reaksi “Like” saja.

  • Beri Reaksi “Wow” di Postingan Penting Mengejutkan

Temanmu diterima S3 di Harvard. Keponakanmu akan segera menikah. Sepupu kamu baru membuka 50 cabang restoran. Berika reaksi “Wow”, reaksi ini cocok dan pantas di kondisi seperti ini.

5 tips di atas bisa kamu coba untuk menghidari baper dan koper. Terutama bagi kamu yang lagi berusaha move on. Kalau tips ini berguna, sebarkan ke teman-teman kamu. Supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.