Commawiki dan Kekuatan Media Sosial

kamus 5

Hai Politwika readers, kalian pasti tau dong Commawiki yang sekarang lagi nge-hits banget di media sosial? Hmm. Gimana enggak, hampir di semua timeline Path, Instagram & Twitter dipenuhi dengan meme kamus lucu Commawiki ini. Sebelum lebih jauh, apa sih itu yang disebut Commawiki? Commawiki adalah meme kamus lucu-lucuan yang menampilkan gambar dan arti kata yang seringkali dibuat nyeleneh atau tidak sesuai dengan arti sesungguhnya.

Sebenernya gimana sih Commawiki bisa jadi viral di media sosial ini? Team Politwika telah mewawancarai narasumber yaitu Putu Aditya Nugraha yang merupakan seorang selebtwit, penulis & blogger berdomisili Bali yang kini sedang berada di Sydney untuk Working Holiday Visa dan mempunyai followers sebanyak 59,8K. Menurut lelaki yang akrab disapa dengan Bli Adit ini, awalnya Commawiki itu dibuat iseng-iseng karena lagi gak ada kerjaan malam-malam dan sedang bosan menulis jadilah ia bereksperimen dengan gambar dan kata-kata. Sebelumnya Bli Adit pernah membuat fiksimini juga yang dipadukan dengan gambar.

“Tetapi waktu bikin Commawiki, kepikiran untuk nulis seenaknya aja, jadilah nulis arti kata,” ungkap Bli Adit yang diwawancarai via Whatsapp.

Awalnya Commawiki belum memiliki nama dan penyebarannya terbatas hanya melalui media sosial bernama Path. Karena banyak yang me-Repath maka ia coba untuk mempostingnya di Twitter salah satu alasannya karena basis massa di Twitter lebih ramai. Nama Commawiki pun diberikan oleh teman-temannya di Path, selanjutnya seperti yang kita lihat sekarang ini. Orang-orang ramai-ramai memposting Commawiki di media sosial sebagai sarana CurCol (Curhat Colongan) atau kode ke pasangan, gebetan atau mantan.

Saat ditanya soal kekuatan media sosial, Bli Adit mengatakan bahwa media sosial merupakan kekuatan yang sangat besar.

“Banyak orang kreatif memakai media sosial sebagai media penyebarannya, dan beberapa dari mereka berhasil meski banyak juga yang gagal,” lanjutnya.

Ya memang betul, optimasi media sosial bagi insan kreatif kini sudah bukan merupakan hal yang baru. Seperti yang juga Bli Adit sampaikan kepada Politwika, “Yang berhasil biasanya karena mereka bisa memanfaatkan media sosial untuk membangun komunitas untuk hasil karya mereka, banyak yang sudah terbukti, contohnya penulis, komikus, komedian, penyanyi indie bahkan politikus juga.”

Jadi, bagi kamu yang merasa perlu mempublikasikan karya-karyamu jangan lupa untuk terus optimalkan media sosialmu sebagai penunjang. Siapa tau bisa sukses seperti Bli Adit dengan Commawiki-nya.

Related Posts