Daftar Universitas Paling Viral di Medsos

Di era modern seperti sekarang, media sosial sangat penting untuk dikelola. Bukan hanya akun pribadi, namun juga akun-akun ofisial seperti pemerintahan, pendidikan, pelayanan masyarakat, dll.

Untuk para mahasiswa, akun media sosial sangat penting jika dikelola dengan baik oleh pihak kampus. Karena dari akun medsos, para mahasiswa bisa mengambil informasi terkait apa saja yang sedang up to date di universitas. Terlebih, anak muda sangat erat hubungannya dengan medsos, kan?

Belum lama ini, sebuah start-up edutech bernama RevoU merilis sebuah riset terkait kampus-kampus yang paling aktif memanfaatkan media sosial seperti Twitter, Instagram, serta YouTube untuk berkomunikasi dengan mahasiswanya.

RevoU mengumpulkan data dari masing-masing Universitas di Indonesia berdasarkan kunjungan bulanan website dan pengikut di medsos. Berikut adalah daftarnya.

  1. Universitas Gajah Mada (UGM)

Universitas Gajah Mada (UGM) menempati peringkat pertama dengan pengunjung website bulanan mencapai 6,1 juta, 756 ribu followers di Instagram, 1.113 ribu fllowers di Twitter, dan 59,700 subsciber di YouTube.

  1. Universitas Indonesia (UI)

UI ada di peringkat kedua dengan 5 juta pengunjung website bulanan, total followers di Instagram sebanyak 682 ribu, 1.239 ribu followers Twitter, dan 40 ribu subscibers YouTube.

  1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Memang, jika dilihat dari pengunjung website bulanan, ITB masih kalah jauh dari Binus University, karena hanya mengumpulkan 3,9 juta pengunjung. Namun dilihat dari total followers di Instagram dan Twitter, ITB memiliki masing-masing 266 ribu dan 923 ribu. Selain itu, ITB memiliki paling banyak subscibers di YouTube, yaitu 100 ribu subscibers.

  1. Universitas Padjajaran (Unpad)

Sama seperti ITB, Unpad memiliki pengunjung yang lebih sedikit dibandingkan Universitas lain, yakni hanya 1,8 juta pengunjung. Namun Unpad memiliki follwers yang cukup banyak di Instagram dan Twitter, yaitu 254 ribu dan 974 ribu followers. Mereka juga memiliki 40 ribu subscibers di YouTube.

  1. Universitas Brawijaya (UB)

UB ada di peringkat kelima dengan pengunjung website bulanan sebanyak 3,5 juta pengunjung. Selain itu, Universitas yang berada di Malang ini memiliki followers sebanyak 272 ribu di Instagram dan 187 ribu di Twitter.

Related Posts