@daraprayoga_: Twitter Bikin Penulis Lebih Kreatif

@daraprayoga_

Mungkin para netizen yang sering menghabiskan waktu bermain twitter sudah tidak asing dengan Dara Prayoga. Sebelumnya, Dara Prayoga atau yang biasa dipanggil Oka ini terkenal banget saat masih menggunakan username @landakgaul dan dia juga rajin banget bikin anak-anak Twitter galau. Wah, sebuah prestasi tersendiri nih buat Oka!

Beberapa waktu lalu, kami berhasil mewawancarai pria berusia 24 tahun tersebut. Dia pun bercerita tentang hobinya yang sekarang jadi pekerjaannya, yaitu menulis. Oka bercerita bahwa dia sempat pengen menjadi wartawan dan banyak yang belum tahu kalo dia pernah jadi wartawan di buletin kampusnya saat masih kuliah.

“Gue tertarik jadi wartawan karena dengan jadi wartawan kita bisa ketemu berbagai macam orang dari background yang berbeda-beda. Seni menghadapi orang ini yang gue rasa akan jadi ilmu yang berguna di kemudian hari,” ujar Oka.

Buat yang belum tahu, Oka ini sering banget bikin trending topic di Indonesia. Dia juga rajin bikin followersnya galau. Kemudian saat ditanya kenapa dia sempat memakai username @landakgaul, Oka punya jawaban yang unik. Dia bilang kalo itu buat lucu-lucuan aja.

“Iseng aja sih sebenernya, karena waktu awal gue bikin Twitter, username lucu-lucu gitu lagi in banget dan berhubung rambut gua jabrik, gue sering dipanggil kaya landak, yaudah gue bikin aja sekalian.”

Oka juga bercerita bahwa awal mula dia cinta banget menulis adalah saat SMA, yang diawali dengan menulis di notes Facebook. Dia juga bilang kalo banyak yang suka dengan tulisannya itu, lalu beralih ke Tumblr, dan akhirnya pindah ke Blog. Semua usahanya terbayar setelah Oka berhasil membuat tiga novel yang berjudul Analogi Cinta Sendiri (2012), Analogi Cinta Berdua (2014), dan Back To You (2015).

Penulis yang mengidolakan Raditya Dika ini mengatakan bahwa dia selalu mendapatkan ide dalam menulis bukunya dari pengalaman dan kehidupan pribadinya, mengamati, dan mendengarkan cerita orang-orang dan kemudian diramu serta diberikan bumbu-bumbu komedi.

Oka juga bercerita alasannya masih bermain Twitter hingga sekarang. Ia mengatakan bahwa bermain Twitter merupakan sebuah tantangan bagi dirinya yang merupakan seorang penulis. 

 “Ada tantangan dalam bermain Twitter karena harus biasa mengemukakan apa yang gue pikirin cuma dalam 140 karakter. Jadi gue juga sekalian latihan nulis yang efektif dan kreatif dari sana. Bukan tulisan panjang lebar dan bertele-tele.”

@daraprayoga_

Terakhir, Oka memberikan saran kepada followersnya di Twitter yang ingin menjadi penulis seperti dirinya, “Tulislah sebagus apa yang pengen lo baca. Kalo lo suka tulisan yang lucu, cobalah membaca, mendengar, menonton, dan akhirnya menulis yang lucu.”

Related Posts