Fitur DM Twitter Semakin Gendut!

Fitur DM Twitter Semakin 'GENDUT'
Fitur DM Twitter Semakin ‘GENDUT’

Pegiat sosial media sedang dihebohkan dengan pengumuman Dick Costolo yang mundur dari jabatannya sebagai CEO Twitter dan menyerahkan kembali jabatan tersebut kepada sang penemunya, Jack Dorsey meski hanya sementara. Kinerja Dick Costolo belakangan dinilai kurang maksimal, ia telah gagal meningkatkan jumlah penggunanya dan pendapatan perusahaan pun berkurang signifikan. Hal ini sebetulnya bisa kita lihat dari perkembangan Twitter belakangan ini, tidak ada update yang begitu mengesankan untuk menarik lagi para pengguna Twitter yang mungkin kini telah beralih ke platform media sosial lainnya seperti Instagram yang kini penggunanya sudah melampaui Twitter dan SnapChat yang sebentar lagi akan menyusul. Namun keputusan Costolo disambut baik oleh pasar, bahkan sahamnya langsung meningkat hingga 8% setelah pengumuman resmi tersebut.

Twitter merupakan platform media sosial yang memungkinkan kita untuk berinteraksi dengan kata-kata sebanyak 140 karakter, baik saat kita ingin meng-update status, mentions, atau bahkan menggunakan direct messages. Sehari setelah pengumuman Dick Costolo mundur, Twitter kembali mengumumkan akan adanya perubahan limit karakter pada fitur direct messages. Selama ini, Twitter hanya melakukan sedikit perubahan pada tampilan. Sedangkan perubahan fungsi teknis jarang sekali dilakukan. Contohnya, dahulu fitur direct messages di Twitter hanya memungkinkan kita untuk mengirimkan teks simple, kemudian berkembang menjadi kita bisa mengirimkan gambar, link, bahkan sekarang kita juga bisa mengirimkan group direct messages ke beberapa orang sekaligus. Perubahan besar yang akan Twitter umumkan per Juli 2015 nanti adalah perubahan limit karakter pada fitur Direct Messages yang semula hanya 140 karakter menjadi 10.000 karakter di mana para penggunanya dimungkinkan untuk dapat lebih mengekspresikan teks pada fitur direct messages tersebut dengan lebih banyak mimik seperti pada kebanyakan messenger pada umumnya. Wow! Bisa puas banget deh DM-an sekarang hihi.

Menurut Twitter perubahan ini akan membuat para penggunanya menggunakan platform mereka lebih lama. Karena biasanya, fitur DM di Twitter dengan karakter yang terbatas tidak memungkinkan kita untuk mengeksplorasi isi obrolan yang menarik, banyak yang malah hanya menggunakan DM hanya sebagai perantara untuk beralih ke messenger lainnya agar mereka dapat mengobrol lebih leluasa. Perubahan cerdas ini, akan membuat kalian lebih betah berlama-lama di Twitter.

Namun, seperti layaknya perusahaan-perusahaan besar yang menjadi perhatian orang banyak. Pro dan kontra atas langkah Twitter ini merupakan hal yang bisa saja terjadi. Mereka yang Pro mengatakan langkah yang diambil Twitter merupakan langkah cerdas untuk menarik kembali para penggunanya. Apalagi jika sebuah perusahaan menggunakan fitur ini sebagai sarana customer service. Mungkin mayoritas orang akan lebih memilih respon cepat dari perusahaan jika ada komplain atau sedang membutuhkan bantuan. Dengan 10.000 karakter, respon cepat perusahaan akan lebih mudah dilakukan daripada harus beralih ke e-mail. Sedangkan untuk percakapan, kalian pasti pernah merasakan harus menyingkat kata-kata kalian karena terbatasnya karakter yang diperbolehkan. Bagaimana jika percakapan tersebut merupakan percakapan penting? Pasti gak enak kan percakapan terpotong di tengah jalan, alih-alih dapat poin percakapan, seringkali teks yang terpotong kerap membuat kesalahpahaman. Jika sudah dalam kondisi seperti ini, kalian pasti akan beralih ke messenger apps lainnya yang memungkinkan kalian untuk berceloteh panjang tanpa harus terpotong limit karakter. Siapa juga yang suka memenuhi memory smartphone-nya dengan apps yang memiliki fungsi yang sama, bisa hemat kan?

Sedangkan yang kontra hanya keberatan kepada poin Twitter untuk menghapuskan fungsi “Hanya orang yang kalian follow yang bisa mengirimkan DM,” mereka keberatan jika banyak orang yang tidak dikenal atau tidak di-follow mengirimkan mereka ‘Extra-Long DM’. Well, Twitter membantah hal tersebut, bagaimanapun, kalian tetap dapat mengatur setting di kolom Privacy Setting agar tidak semua orang bisa mengirimkan DM yang super panjang itu. Hihi. Jadi penasaran nih gimana kita bisa merasakan fitur DM yang panjang banget itu. Tungguin aja deh sampai bulan Juli 2015!

Related Posts