@HabibThink: Di-bully di Medsos itu Biasa Saja

habib

Di Twitter akun ini bisa dibilang sangat “tengil”, terutama dalam isu-isu yang menyangkut politik di Indonesia dan agama belakangan ini. Biasanya dia juga melakukan twit-twit lucu yang bernada satir. Akun ini pun bisa disebut sebagai sebuah anonim atau lebih tepatnya adalah pseudonym. Dia adalah @HabibThink.

Akun yang mengenakan avatar dengan ciri seorang Habib atau ahli agama ini adalah salah satu akun anonim yang eksis dan memiliki followers yang banyak. Tapi siapakah orang di balik akun ini? Dalam wawancara melalui email, @HabibThink tidak memberikan petunjuk yang banyak mengenai dirinya.

“Untuk nama karena akun ini akun pseudonym, cukup dikenal dengan nama Habib Think saja. Saya bekerja sebagai peneliti di salah satu perguruan tinggi negeri, juga ada beberapa usaha yang sedang dijalani,” ujar dia dalam wwawancara.

Dari jawaban tersebut, kita bisa mengetahui bahwa dirinya adalah seorang peneliti. Entah dia mengajar di daerah mana. @HabibThink pun mengakui bahwa dirinya sering melakukan twit-twit dengan humor ringan, satir dan kritik sosial. Dia pun juga seringkali membahas agama walaupun tidak terlalu mendalam.

“Kehadiran media sosial saat ini memberikan dampak baik dan buruk. Adapun dampak baiknya adalah kita dapat mengetahui informasi dengan cepat dan dapat berinteraksi dengan siapapun sesuai dengan minat kita. Sedangkan dampak buruknya ya jika sudah kecanduan, maka kadang pekerjaan menjadi tidak terselesaikan,” pendapatnya tentang media sosial.

Karena seringkali membahas politik, akun @HabibThink tidak terlepas dari cemoohan atau bully-an. Menghadapi hal tersebut @HabibThink cukup “stay cool” karena baginya bully adalah hal yang biasa. “Dibully di media sosial itu biasa saja, apalagi kepada akun pseudonym, ya ga perlu kebawa perasaan a.k.a baper. Jika bullyan dikelola dengan baik, maka yang tadinya berdampak negatif bisa menjadi berdampak positif,” ujar @HabibThink.

Dalam menghindari bully-an, @HabibThink pun membagikan tips-tipsnya yaitu kita harus instropeksi diri, melakukan autokritik dan berpikir dua kali sebelum memosting sesuatu. Tapi pun jika kalian nanti tetap di-bully tetaplah tenang dan jangan sampai terbawa perasaan. Jika sampai begitu kalian bisa melakukan hal-hal yang tidak wajar.

Terakhir, @HabibThink berpesan kepada kita untuk melakukan pengecekan terhadap informasi yang ada di internet. Apalagi informasi tersebut dari anonim atau pseudonym seperti dirinya. “Jangan mudah percaya dengan informasi yang beredar di media sosial, lakukan pengecekan kepada beberapa sumber sebelum meyakini informasi tersebut. Terakhir, jangan mudah percaya kepada orang yang ditemui di media sosial sebelum kita benar2 mengenalinya, apalagi percaya kepada akun pseudonym,” ujarnya.

Related Posts