@HANDOKOTJUNG: “ORANG-ORANG AKAN FOLLOW KALAU KITA PUNYA VALUE”

Media sosial Twitter beberapa waktu lalu sempat dibuat ramai oleh netizen dengan ajang Gembrit Awards 2017. Ajang penghargaan seru-seruan untuk selebtwit yang dibuat oleh pemilik akun Twitter @gembrit itu sempat menjadi trending topic dengan hashtag #GembritAwads2017. Terdapat berbagai macam kategori dalam acara tersebut salah satunya adalah kategori ‘Akun Viral’, dan pemilik akun Twitter @handoktjung berhasil menjadi pemenang dalam kategori tersebut.

Politwika belum lama ini berkesempatan untuk mewawancarai @handokotjung melalui email. Dia bercerita bahwa sejak 3 sampai 4 tahun lalu aktif menggunakan Twitter dan sering melihat acara Gembrit Awards di akhir tahun, dan baru kali ini merasa senang karena bisa menjadi pemenang di ajang tersebut sebagai ‘Akun Viral’.

Dalam kesehariannya, @handokotjung menjalankan bisnisnya sebagai seorang creative graphic designer di salah satu usaha agensi graphic design bersama partner-nya. Lah terus gimana awal main Twitter dan bisa jadi akun viral?

“Awalnya sih isinya soal curhat dan komentar terhadap kehidupan sehari-hari, tapi kemudian di akhir taun 2013 dipakai untuk menulis yang lucu-lucuan aja. Dibilang apakah sengaja untuk dikenal sih rasanya engga juga, hanya saja waktu itu saya merasa sepertinya udah bukan umurnya untuk curhat di social media, jadi dipakai buat sarana menuangkan isi kepala saja,” jawabnya dalam wawancara.

 

Jika masing ingat, salah satu twit lucu dari @handokotjung yang berhasil viral adalah komentarnya mengenai logo aplikasi Traveloka dan Twitter. Komentarnya yang agak konyol tersebut berhasil mendapatkan 17.000 retweet dari netizen.

Menurut laki-laki kelahiran 1986 ini, netizen mendapatkan ‘aha moment‘ ketika membaca twitnya tersebut sehingga membuat netizen berkata “iya juga ya”. Dari situlah kenapa banyak netizen yang me-retweet twit tersebut hingga viral.

Sebagai seorang selebtwit dengan twit yang konyol dan telah menjadi akun viral, @handokotjung sedikit memberikan tips jika ingin dikenal dan viral di medsos, yaitu harus mempunyai value.

“Valuenya bisa berupa hal yang lucu, menarik, informatif, atau indah (kalau fotografer.) Kalau sudah punya value, coba saja berinteraksi dengan orang-orang yang setipe atau sepemikiran, dari situ mungkin networknya bisa bertambah luas,” pendapat @handokotjung.

 

Selebtwit yang juga hobi travelling ini mengatakan bahwa akan tetap berkarya di dunia design sekaligus berbisnis, dan juga tetap akan berkarya di medsos menghibur netizen. Walaupun menurutnya dunia medsos hanyalah hobi dan tempat pelarian sejenak dari hiruk pikuk pekerjaan.

Di akhir wawancara, @handokotjung menyampaikan pesan kepada netizen untuk fokus dan konsisten berkarya membuat konten yang memiliki value. “Jika sudah punya value, orang akan tertarik membagikan dengan sendirinya.”

Related Posts