Hip-hop dan Media Sosial (Part 2 Selesai)

Lanjutan dari artikel: http://blog.politwika.com/hip-hop-dan-media-sosial/

Tidak hanya musisi hip-hop independen, ternyata banyak juga musisi hip-hop terkenal yang memanfaatkan media sosial seperti Twitter dalam mempromosikan album, tur, pendapat, atau karyanya yang lain. Kanye West, sebelum menutup semua akun media sosialnya pada Mei 2017 lalu sempat menjadi figur yang sangat nyeleneh di Twitter. Bagaimana tidak, Kanye banyak sekali ngetwit hal-hal yang kadang membuat kita tertawa bahkan kesal. “Have you ever thought you were in love with someone but then realized you were just starring in a mirror for 20 minutes” yang artinya “Pernahkah kamu merasa jatuh cinta kepada seseorang, lalu tersadar ternyata kamu hanya melihat cermin selama 20 menit” merupakan salah satu dari sekian banyak twit nyelenehnya yang membuat kita tertawa atau kesal.
Berikut contoh twit dari Kanye West yang berhasil ditangkap oleh warganet sebelum Twitternya dihapus:

kanye

Tidak hanya bermain Twitter, Kanye juga memakai potensi internet dan media sosial dalam memasarkan musiknya. Pada akhir tahun 2010 saat album kelimanya yaitu My Beautiful Dark Twisted Fantasy masih sangat panas-panasnya, Kanye meluncurkan sebuah kejutan yang bernama G.O.O.D. Fridays. G.O.O.D. Fridays merupakan acara mingguan Kanye membagikan gratis satu lagu dari album My Beautiful Dark Twisted Fantasy-nya kepada fans lewat internet. Langkah ini diambil Kanye untuk mempromosikan albumnya lebih gencar lagi dengan memanfaatkan teknologi internet sebagai media promosi.
Masih Kanye, pada tahun 2016 kemarin Kanye meluncurkan album ketujuhnya berjudul The Life of Pablo namun album tersebut hanya bisa dibeli lewat internet atau didengar lewat streaming seperti Spotify. Tidak ada penjualan fisik seperti CD atau piringan hitam, semua lewat internet menjadikan album The Life of Pablo album pertama yang meraih platinum hanya dengan mengandalkan streaming/download.

Musisi lainnya, Danny Brown yang 2016 lalu meluncurkan album terbarunya Atrocity Exhibition juga sangat aktif di Twitter. Danny suka membalas bahkan meretwit beberapa twit yang dianggapnya menghibur, tak terkecuali beberapa joke tentang dirinya. Total twit Danny dari tahun 2008 sampai sekarang mencapai lebih dari 51 ribu twit dan 415 ribu followers.
Beberapa contoh twit yang dibalas Danny:

danny

Produser instrumental hip-hop/glitch-hop asal Los Angeles, Flying Lotus juga sangat aktif di Twitter. Baru-baru ini dia merilis film body horror berjudul KUSO yang gencar dipromosikan melalui akun Twitter pribadinya. Bahkan username juga dirubah menjadi KUSO sesuai nama filmnya.

Screen Shot 2017-12-15 at 11.06.59 AM

Alhasil film KUSO ini berhasil mendapat perhatian warganet bahkan direview media seperti The Guardian, Pitchfork, Metacritic, dll. Flying Lotus juga aktif ngetwit total lebih dari 9000 twit dari tahun 2008 dan total followers sebanyak 494 ribu. Dia juga suka membalas dan retwit sesuatu yang dianggapnya menarik atau menghibur.

Musisi hip-hop terkenal lainnya seperti Kendrick Lamar, EL-P, atau Killer Mike juga tidak kalah aktif dalam menggunakan Twitter terutama dalam mempromosikan tur atau kontak langsung dengan fans mereka. Ini menjadi bukti bahwa media sosial mempunyai pengaruh yang sangat besar kepada industri musik hip-hop. Media sosial mempermudah interaksi seorang fans kepada musisi hip-hop favoritnya, begitu pula dengan fans-fans di penjuru dunia yang lain. Promosi album atau tur makin mudah dengan adanya media sosial, hanya dengan twit lalu detik itu juga informasi tersebut langsung tersebar luas di kalangan fans. Kita juga bisa tahu bagaimana kepribadian mereka melalui twit-twit mereka atau apa yang suka mereka unggah di media sosial.

Related Posts