Ini Dia, 5 Twitwar Terheboh 2015

TWITWAR

Debat di Twitter, atau populer dengan istilah twitwar, selalu menarik. Sebab perdebatan itu mengundang pro dan kontra follower-nya. Tak jarang twitwar berakhir dengan dendam, dan bisa berlanjut lagi di kemudian hari. Bahkan ada yang berakhir adu jotos. Inilah 5 twitwar terpanas selama 2015:

  • @Panca66 vs Redinparis

Inilah twitwar terpanas, bukan saja sepanjang 2015, tapi bisa jadi sepanjang sejarah Twitter Indonesia. Sebab kelahi di Twitter ini berlanjut ke perkelahian sungguhan di dunia nyata. Diawali dengan twitwar soal penandatanganan kerjasama Indonesia dengan Proton, Malaysia. @Redinparis (Roysepta Abimanyu) menyatakan pro dengan kerjasama itu, sedangkan @panca66 (Cipta Panca Laksana) kontra. Twitwar pada 7 Februari 2015 itu kian memanas, sampai akhirnya muncul makian. Ketengangan muncul saat @Panca66 menantang kelahi, “Mau ketemu kita? Ayo aja. Kelahi juga gak takut sama loe. Mau kapan? Dimana?”

Puncaknya, 11 Februari 2015 malam, dua pria itu bertemu di Istora Senayan. Bahkan di sana sudah ada jurnalis yang siap mengabadikannya ke YouTube. Twitwar yang berakhir adu fisik ini menghebohkan netizen Indonesia. Beritanya muncul di berbagai media online. Wow banget ya! @Redinparis sampai menulis kronologi kejadian tak terlupakan itu di blog pribadinya.

  • @BudimanDjatmiko vs @AndiArief_AA

Twitwar dua politisi muda ini jadi menarik, sebab dulu mereka sama-sama aktivis Partai Rakyat Demokratik (PRD). Setelah menjadi politisi sukses seperti sekarang, @BudimanDjatmiko dan @AndiArief_AA justru “bermusuhan”. Twitwar terjadi pada 4 Juli, yang sebenarnya bermula dari akun @OilGas170845. Akun ini mengkriik agar jika bikin aturan dipikir dulu, jangan revisi terus. “Macam PRD dulu amatiran.”
Budiman membalas, “Satu2nya hal amatiran (dan BODOH) yg dilakukan (oknum) PRD adlh bikin bom yg meledak sendiri. Itupun sdh bikin bosmu ngamuk.”

Andi Arief tersindir, dan terjadilah twitwar itu. Rentetan twitwar ini lumayan panjang dan menjadi perhatian netizen Twitter. Masing-masing pihak mengungkit sepak terjang di masa lalunya sebagai aktivis.

  • @YusrilIhza_Mhd vs @SusiPudjiastuti

Inilah twitwar yang melibatkan ahli hukum tata negara dan Menteri Kelautan dan Perikanan. Maka tak aneh jika sangat menarik dan menghebohkan. Twitwar berlangsung 8 hingga 10 Desember.

Topik yang dibahas adalah kasus penangkapan kapal SilverSea milik Thailand. Yusril Ihza Mahendra merespon pernyataan Susi Pudjiastuti yang mengkritik keputusan Yusril membela nelayan Thailand. Akun ‏@susipudjiastuti : Seorang profesional lawyer menangani kasus ilegal fishing berhadapan dg KKP, kritisi KKP??? Untk apa ??? Fokus dg kasus saja di pengadilan”.

Twitwar ini sangat menarik perhatian netizen, dan meramaikan berita media online. Keduanya sama-sama dinilai kompeten di bidangnya, dan twitwar berlangsung seru.

  • @Mata_indigo vs Sangpemburu99 vs @eae18

Yang dua populer sebagai akun anonim, sering mengicaukan hal-hal konroversial. Followernya pun sama-sama segudang. Sementara @eae18 dikenal beranama asli Edi A Effendy. Twitwar antar ketiga akun ini berakhir dengan “diwakafkannya” akun @SangPemburu99. Antara @SangPemburu99 vs @eae18 merupakan “twitwar lama bersemi kembali”. Hal serupa terjadi dengan@Mata_Indigo vs @SangPemburu99.

Akun @mata_indigo membuat kultwit pada 24 November lalu yang membuka identitas @SangPemburu99. Bahkan dia mengunggah foto diri @SangPemburu99 yang disebut bernama asli Sukrasno. Akun @SangPemburu99 pada 25 November akhirnya berpamitan dan “mewakafkan” akunnya ke tim lain. Twitwar tiga akun ini cukup seru sebab terjadi nyaris terus-menerus, dan berupa kultwit panjang. Ketiganya menarik perhatian netizen di tahun 2015 ini.

  •  @Trisetyarso vs VeritasArdentur

Kurang jelas kapan pastinya dua akun ini memulai twitwar. Yang pasti, awalnya @Trisetyarso terlibat twitwar cukup lama dengan akun lain, @hramad. Topiknya seputar kompetensi mereka di bidang akademisi. Tahu-tahu akun @VeritasArdentur ikut terlibat, dan justru 2015 ini kian memanas. Hingga pertengahan Desember ini, @Trisetyarso bs @VeritasArdentur masih berlangsung, walau kadang no mention. Temanya juga masih tentang persoalan lama antar mereka terkait instansi pendidikan tertentu.

Menjadi seru ketika ada akun-akun lain ikut menyambar, seperti @hotradero, @hansdavidian, dan @fauherklots. Twitwar juga diwarnai sejumlah screenshoot milis kampus ITB, di mana perdebatan dimulai. Makin memanas saat ada akun lain yang ternyata juga dibahas di milis tersebut. Bisa dikatakan inilah twitwar yang paling banyak melibatkan akun Twitter. Sampai artikel ini ditulis, twitwar masih berlangsung seperti “perang dingin” yang bisa meledak lagi kapan saja.

Related Posts