Istilah-istilah Unik di Media Sosial

 

Media sosial menjadi semakin hipster di Indonesia. Banyak sekali ucapan-ucapan sleng baik dalam bahasa Indonesia atau Inggris menjadi populer di dunia maya. Tentu ini dipengaruhi oleh berbagai macam orang yang beraktifitas di media sosial. Banyak hal yang mempengaruhi tren kata-kata ini. Berawal dari fasiltas chat dam milis. Berlanjut ke forum besar seperti Kaskus, semakin membuat beragam kata-kata.

Kata-kata tersebut akhirnya harus diakui menjadi sebuah istilah baru di Media sosial. Pastinya di antara kita semua secara tidak sadar atau sadar sering membaca kata-kata tersebut. Tapi apakah kita sudah yakin arti sebenarnya dari istilah di media sosial tersebut. Di sini kami ingin berbagi istilah-istilah yang populer di media sosial.

  1. Alay (Anak Layangan). Istilah ini sudah tidak asing sepertinya. Di dunia nyata istilah ini merujuk pada anak muda yang berpenampilan norak. Tapi di dunia maya kata ini ditujukan untuk ejekan kepada seseorang yg bertingkah norak.
  2. ASAP (As Soon As Possible). Singkatan bahasa Inggris yang dapat diartikan “sesegera mungkin”. Jika kalian mendapati komentar seperti ini di media sosial, berarti kalian harus bergerak secepat mungkin. Jangan mager
  3. Untuk yang satu ini, mungkin kalian sering mendapatkan mention spam di Twitter. Sebenarnya ini adalah sebuah sistem yang dibuat untuk melakukan update status dengan otomatis tapi cukup menyebalkan bukan?
  4. Baper (bawa perasaan). Ini bisa dibilang ejekan. Kenapa? Karena biasanya orang di media sosial yang disebut baper adalah orang yang telralu bawa perasaan di media sosial.
  5. BTW (by the way). Ucapan yang biasanya digunakan untuk mengalihkan perhatian. Bisa juga untuk ajang sombong orang-orang.
  6. Copas (copy paste). Istilah untuk mengungkapkan bahwa kamu tidak kreatif. Hanya menyalin status orang untuk update statusmu.
  7. CMIIW (Correct Me If Im Wrong). Orang yang menggunakan CMIIW diawal komentarnya. Menyiratkan bahwa pendapatnya belum tentu benar dan butuh mendapatkan koreksi.
  8. DL/Donlod/Donlot. Biasanya jika ada update status seperti ini. Orang tersebut menyuruh atau sedang mengunduh sesuatu di internet.
  9. Emoticon/Emot. Sebuah ikon yang mewakili ekspresi kamu di dunia nyata. Biasanya dirangkai dari simbol dan huruf di keyboard.
  10. FAQ (Frequently Asked Question). Dalam sebuah website, biasanya ada kanal FAQ. Kanal ini berisikan pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan. Jadi memudahkan pengunjung tanpa bertanya.
  11. FYI (For Your Information). Ungkapan untuk memberitahu seseorang sebuah informasi.
  12. Geje/Gajebo. Sebuah ejekan untuk kalian. Jika ada komen seperti itu berarti staus kalian dinilai tidak jelas oleh orang-orang.
  13. Istilah yang mengatakan bahwa status kamu tidak benar, tidak memiliki sumber yang asli atau hanya kicauan tidak bermutu.
  14. IMHO (In My Humble Opinion). Seseorang yang ingin berkomentar tapi menggunakan kata ini di depannya. Mengisyaratkan bahwa dia beropini dengan rendah hati dan tidak ingin mengajak permusuhan.
  15. LOL (Laugh Out Loud)/LMAO (Laughing My Ass Off). Jika kalian ingin tertawa terbahak-bahak di media sosial. Kalian bisa menggunakan kata ini.

Istilah-istilah di atas tentu masih sedikit dibandingkan yang beredar sekarang. Tapi penjelasan kami tersebut bisa membantu anda mengetahui istilah-istilah di media sosial. Kabar baiknya adalah kami akan melanjutkan penjelasan ini di lain kesempatan. Ditunggu yaahh..

Related Posts