Jangan Kebablasan di Medsos

JKDMS

Hari ini lini masa Twitter diramaikan dengan hilangnya akun yang sering melakukan Hate Speech. Sebut saja akun tersebut adalah @ypaonganan. Sebuah akun yang dikabarkan adalah orang yang tidak suka dengan pemerintahan zaman sekarang. Kalian tentu pada kenal dia bukan? Atau minimal pernah melihat twit-twitnya.

Menurut penelusuran kami, kurang lebih karena kemarin dia membuat tagar #PapaDoyanLonte dan Meme buatan dia. Tentu itu adalah sebua perbuatan yang tidak terpuji. Apalagi ditujukan kepada Jokowi, presiden Indonesia. Lantas bagaimana harusnya kita bersikap agar tidak berakhir seperti dia?

Kita harus tahu batasan-batasan Hate Speech (baca:5 Tips Menghadapi Hate Speech). Jika kita tidak suka kepada seseorang lantaskah kita harus mengeluarkan kata-kata kasar? Apalagi ini ditujukan kepada presiden. Hal ini tentu sangat tidak baik. Jika kalian tidak suka dengan presiden atau pemerintaah saat ini, kalian bisa mengkritik mereka dengan pilihan kata-kata yang jauh lebih baik.

Ini tidak hanya berlaku kepada presiden. Tetapi kepada teman-teman kamu. Jangan pernah menghina orang apalagi menyinggung SARA dan fisik. Bayangkan jika diri kamu yang dihina dan dibully. Kamu tidak mau kan?

Jika kalian ingin membuat meme, ada juga batasan-batasan. Kalian tidak bisa begitu saja membuat meme. Kami pernah membuat infografis dari hasil wawancara dengan @imandita (baca: Serba Serbi Meme). Kalian harus mengingat bahwa tujuan pertama membuat meme adalah untuk menghibur, bukan menghina. Tidak seperti yang dibuat oleh akun bernama @ypaonganan.

Kalian juga harus mengingat bahwa kita memiliki UU ITE yang mewadahi hal-hal yang berada di dunia maya. UU ITE walau sampai sekarang masih terus menjadi polemik, selama belum direvisi. Dia tetap bisa digunakan untuk memenjarakan kalian. Selanjutnya jangan pernah membuat meme yang keterlaluan. Kemarin @ypaongan sudah sangat keterlaluan. Hanya bermodal foto Jokowi dan Nikita Mirzani, dia sudah menyebar sebuah fitnah yang tidak-tidak.

Jadi buat kalian yang mau bikin meme atau pun tidak suka kepada seseorang. Hati-hati yah mulai sekarang. Banyak orang pintar, tetapi tidak pintar bermain di dunia maya. Jadilah pengguna internet yang cerdas.

Related Posts