Hati-hati! Jangan Umbar Privasimu Sembarangan!

Privasi. (n). Kata serapan dari bahasa Inggris privacy. Sering digunakan untuk memberikan sinyal waspada ke orang-orang untuk tidak kepo. Seringkali ada ungkapan “senggol bacok” bagi orang-orang yang tetap kepo terhadap privasi seseorang. Tapi kadangkala ada yang mengumbar hal-hal privasi kepada siapapun tanpa berpikir.

Maaf, agak hipster paragraf pembukanya. Ingin jatuhnya seperti hal yang sedang nge-trend saat ini (#CommaWiki), tapi jatuhnya bisa jayus. Baiklah lanjut saja kepada yang ingin kami sampaikan. Privasi memang menarik untuk diketahui. Akan tetapi apa kam rela orang-orang untuk mengetahuinya. Di dunia media sosial saat ini banyak orang yang dengan gampangnya mengumbar hal-hal privasinya. Apakah itu baik? Tidak. Belum tentu orang lain menerima begitu saja hal-hal privasi kamu. Ada juga orang yang memanfaatkan privasi yang kamu umbar.

Tentu kamu tidak ingin privasi kamu terganggu karena ada orang yang memanfaatkannya. Maka dari itu kami akan memberi tips untuk kamu-kamu, gimana sih cara jaga privasi di media sosial. Simak yah:

  1. Ketahui batasan-batasan antara hal pribadi dan umum.
  2. Jangan terburu-buru melampiaskan sesuatu di media sosial.
  3. Selalu berpikir bahwa di luar sana ada orang-orang jahat.
  4. Jika ingin curhat melalui message pribadi di media sosial, sebisa mungkin dihindari. Bisa saja ada peretas yang ingin memanfaatkan itu.
  5. Butuh teman cerita? Ceritakan saja langsung dengan temanmu. Jangan posting yang bisa saja mengganggu followers-mu.
  6. Ingin menarik perhatian? Atau ingin kasih “kode” ke seseorang? Hindari. Lebih baik jangan. Pedekate dengan cara lain pasti ada.
  7. Selalu ingat bahwa privasi kamu tidak hanya merugikan kamu. Tapi bisa merugikan orang lain. Keluarga, pacar, sahabat atau sebuah institusi.

Itulah tips-tips yang bisa kami bagikan untuk kamu. Privasi memang terkadang menarik untuk dibagikan. Tetapi media sosial belum jadi tempat yang benar-benar baik untuk berbagi hal itu. Tetap jaga privasi kamu. Jangan terlena dengan media sosial.

Related Posts