Karyawan Microsoft, Google, hingga Facebook Sepakat WFH Lebih Melelahkan

Di saat pandemi Covid-19 seperti sekarang, aktivitas kita menjadi sangat terbatas. Terlebih untuk para pekerja, Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM) dan protokol kesehatan mewajibkan mereka melaksanakan Work from Home (WFH).

Memang umumnya para pekerja merasa melaksanakan WFH merupakan pekerjaan yang lebih santai ketimbang WFO. Namun nyatanya tidak demikian.

Aplikasi komunitas workplace bernama Blind melakukan sebuah riset terkait WFH. Riset tersebut melibatkan 3.000 karyawan dari 40 perusahaan teknologi ternama macam Amazon, Microsoft, Google, Facebook, Apple, dll.

Hasilnya? Ternyata para pegawai dari 40 perusahaan teknologi di atas merasa bahwa WFH lebih melelahkan ketimbang WFO. Hal ini didukung oleh 74% dari sekitar 300 karyawan Amazon yang merasa demikian.

Tak cuma karyawan Amazon yang merasa seperti itu. Beberapa karyawan dari perusahaan terkenal, seperti Microsoft (76%), Google (79%), dan Facebook (81%) mengatakan bahwa WFH lebih membuat letih ketimbang WFO.

Lebih lanjut, ternyata kebanyakan karyawan yang menjadi responden merasa bahwa jam kerja saat WFH menjadi lebih panjang dibanding WFO. Sekitar 60% atau 1658 orang karyawan yang diwawancarai mengaku WFH membuat jam kerja bertambah ketimbang WFO.

Ternyata hal inilah yang membuat WFH terasa lebih melelahkan. Bahkan Microsoft pun sebelumnya pernah melakukan riset, hasilnya adalah orang-orang yang melakukan WFH lebih sering lembur dan bekerja di akhir pekan.

Akhir kata, boleh-boleh saja melaksanakan WFH. Tapi, kalian harus memperhatikan mental juga, ya!

Related Posts