Kehebohan Freeport-Sidang MKD di Medsos

heboh-mkd

PoliTwika hari ini hadir merangkum isu yang sedang “panas” di media sosial belakangan ini. Isu tersebut adalah tentang rekaman Freeport hingga sidang MKD. Tentu para pengembara di dunia Twitter juga ramai membahas isu ini. Dari yang bercanda hingga serius menanggapi isu “Papa Minta Saham” ini. Kira-kira, apa saja hal yang diobrolkan di Twitter tentang isu ini? Simak paparan kami berikut ini.

Tim kami menelusuri siapa yang meramaikan isu ini pertama kali. Jawabannya adalah akun @LalaBinal. Entah akun tersebut anonim atau bukan, tetapi tercatat akun tersebut memulainya sejak tanggal 11 November. Setelah beberapa hari, baru media meramaikan isu ini.

  • Munculnya Berbagai Tagar

Awal-awal tagar yang ramai adalah #PapaMintaSaham. Tagar ini isinya adalah serangan terhadap SN. Setelah ramai tagar ini muncul tagar-tagar lain seperti #PapaMenangCurang, #PapaCepatPulang, hingga #PertanyaanMKD.

s.s 2015-12-07 at 13.27.11

s.s 2015-12-07 at 13.25.39

  • Bertebaran Akun Bot

Banyak akun bot yang tiba-tiba mention banyak orang. Ciri-cirinya adalah meniru nama tokoh terkenal atau menggunakan avatar orang terkenal. Salah satunya adalah mas @nukman. Entah ini kerjaan siapa, jika memang ini adalah pekerjaan sebuah agency. Tentu caranya tidak baik sekali.

s.s 2015-12-07 at 13.33.38

  • Banyak Kultwit Pro Maupun Kontra

Isu ini adalah isu yang sangat seksi. Banyak akun tertarik untuk membahas isu ini. Kalau kita melihat chirpstory.com akan banyak sekali yang kultwit. Seperti “Tak Ada #PapaMintaSaham Selain #PamanSamMintaPerpanjangan….” by @FahriHamzah atau 100 Pelanggaran Berat Maroef Syamsuddin.

  • Meme Kreatif Bertebaran

Kata-kata terkadang tidak cukup untuk meramaikan. Meme-meme lucu juga menjadi peramai isu ini. Seperti meme tentang rekaman percakapan antara SN, MR dan MS. Meme yang lainnya adalah tentang tagar#PertanyaanMKD

CT_88AmUkAAmDOT

CUAK6YTUcAAujs6

  • Munculnya akun palsu @Riza_Chalid

Entah siapa yang berpikiran membuat akun ini tetapi kehadirannya cukup memberikan kontroversi. Dia juga sempat masuk ke dalam pemberitaan media-media seperti Akun @Riza_Chalid Muncul di Twitter, Netizen Heboh, Akun Riza Chalid Siapkan ‘Kejutan’, Sidang MKD: Kapan Riza Chalid Datang Ke Persidangan? Ini Kata Akun @Riza_Chalid, dan Riza Chalid Akan Pulang ke Jakarta Temui Kokok Dirgantoro, Siapa Dia?. Tapi tenang saja, akun ini sudah terkonfirmasi palsu. Om @nukman dan mas @imanbr telah mengkonfirmasi bahwa akun tersebut palsu melalui twit-twitnya.

Itulah hasil penelusuran kami terhadap isu “panas” ini. Sungguh unik sekali bagaimana tanggapan para pengguna media sosial. Kira-kira, apakah kamu juga masuk dalam percakapan membahas isu ini?