Kenapa Video Youtube-mu Terkena Dollar Kuning?

Akhir-akhir ini di kalangan Youtubers sedang ramai pembahasan Dollar Kuning. Salah satu kebijakan Youtube ini menuai banyak protes di kalangan Youtubers karena dinilai menghambat pendapatan iklan mereka. Apa itu Dollar Kuning? Dollar Kuning adalah sebuah tanda ikon monetisasi di Akun Pengelola Video untuk video tertentu yang ditandai sebagai video yang tidak cocok untuk pengiklan. Ini berarti video tersebut mungkin akan tetap menampilkan iklan, hanya saja iklan yang muncul sangat terbatas atau bahkan tidak ada iklan sama sekali.

Biasanya yang mempengaruhi hal tersebut adalah video tersebut berisi konten yang sensitif, kata-kata yang tidak pantas pada judul dan deskripsi, atau thumbnail video yang menyesatkan. Namun jika kreator merasa tidak ada yang janggal pada video itu dan menganggap kesalahan pada sistem Youtube, mereka dapat mengajukan banding secara langsung kepada pihak Youtube untuk diaktifkan kembali monetisasinya.

Namun ini akan membutuhkan waktu yang cukup lama, karena akan ditinjau oleh manusia, bukan lagi oleh sistem Youtube. Youtube hanya dapat meninjau video dengan minimal 1.000 view dalam 7 hari terakhir. Namun jika kanal tersebut memiliki pengikut lebih dari 10.000, Youtube akan langsung melakukan peninjauan tanpa memerhatikan jumlah view. Yang menjadi perdebatan oleh para Youtuber adalah sistem deteksi Youtube terhadap video yang termasuk dalam kategori “tidak cocok untuk pengiklan” tersebut terlalu rancu. Karena mereka menganggap video mereka tidak termasuk dalam kategori tersebut, meskipun mereka tetap bisa meminta Youtube untuk melakukan peninjauan ulang yang tentunya memakan waktu yang cukup lama sampai sampai video tersebut dinyatakan ramah untuk semua pengiklan.

Mereka menilai tidak ada acuan yang pasti dalam menerapkan kebijakan tersebut. Pihak Youtube pun merespon keluhan tersebut dan berjanji akan terus memperbaiki algoritma dan sistem Dollar Kuning yang telah mereka keluarkan agar lebih akurat. Kebijakan ini dikeluarkan Youtube bukan untuk mendikte apa yang harus dibuat para kreator. Mereka tetap bebas membuat konten sesuai yang mereka inginkan. Namun, pengiklan juga dapat memilih tempat untuk menampilkan iklannya. Tentunya pengiklan tidak mau menempatkan iklannya di tempat yang salah.

Beberapa unsur yang menyebabkan konten tidak memenuhi syarat untuk iklan antara lain:

  • Konten yang mengandung masalah kontroversial dan peristiwa sensitif
  • Narkoba dan produk atau zat berbahaya
  • Tindakan beresiko atau berbahaya
  • Konten kebencian
  • Bahasa yang tidak sopan
  • Penggunaan karakter hiburan keluarga yang tidak pantas
  • Memprovokasi dan merendahkan
  • Konten bernuansa seksual
  • Kekerasan

Hindari unsur-unsur di atas supaya konten kamu tidak terkena Dollar Kuning. Oke, kini sudah paham kan soal Dollar Kuning? Selamat ber-YouTube-ria, kawan!

Oh ya, bagi kamu yang mau membuat thumbnail dengan baik tanpa perlu skill mendesain, silakan coba tutorial pada link berikut ini.

*Dikutip dari Support Youtube dan berbagai sumber.