Ketika Meme Menyuarakan Kritik Sosial

Kalian pasti familier dengan sebutan meme (dibaca: mim), biasanya berisi tentang gambar menyerupai komik, tetapi hanya terdiri dari beberapa bagian saja. Tapi sebenarnya, apa arti dari meme itu sendiri?

Menurut KBBI, meme adalah ide, perilaku, atau gaya yang menyebar dari satu orang ke orang lain dalam sebuah budaya. Atau bisa juga cuplikan gambar dari acara televisi, film, dan sebagainya atau gambar-gambar buatan sendiri yang dimodifikasi dengan menambahkan kata-kata atau tulisan-tulisan untuk tujuan melucu dan menghibur.

Meme sebenarnya telah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Namun belum banyak yang mengetahui maksud atau makna sebenarnya yang terdapat di meme sehingga dapat menunjang kita dalam berkomunikasi. Wired pada tahun 1993 telah mendefinisikan meme sebagai sebuah gagasan yang menular, sama seperti virus yang melompat dari satu tubuh ke tubuh lainnya, namun istilah itu kurang popular hingga akhirnya tahun 2012 meme mulai dikenal.

Saat ini meme sedang ramai dijadikan sebagai sarana untuk menyuarakan kritik sosial, khususnya terhadap isu-isu yang sedang ramai diperbincangkan warganet di media sosial. Berikut ini adalah beberapa contoh meme yang dibuat oleh warganet dan menjadi viral di media sosial

  1. Sumber: Facebook Kostum Komik

    Meme di atas adalah bentuk kritik terhadap generasi milenial yang apabila ditanyakan apa cita-cita mereka kelak, mereka menjawab ingin menjadi youtuber. Sudah berbeda ketika anak generasi 90’an ditanyakan cita-citanya, cenderung menjawab ingin menjadi dokter, guru, polisi dan sebagainya.

  2. Sumber: Facebook Meme Humor Politik

    Contoh kedua ini merupakan kritik terhadap program Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022, karena dianggap tidak konsisten dalam menyampaikan program membuat “rumah lapis” atau “rumah susun” yang sebenarnya maksudnya sama.

  3. Sumber: Facebook Meme Comic Indonesia

    Meme ini muncul ketika salah seorang pejabat yang juga sebagai Ketua DPR RI, Setya Novanto berniat untuk melaporkan orang-orang yang membuat meme tentang dirinya ketika sedang berada di rumah sakit.

  4. Sumber: Instagram Kostum Komik

    Si pembuat meme bekerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan tujuan untuk mengedukasi tentang pemberantasan korupsi. Maksud dari meme ini adalah untuk memberikan sanksi sosial kepada para koruptor dengan mengajaknya berswafoto dan menguploadnya di media sosial.

  5. Sumber: Twitter

    Yang terakhir lagi-lagi meme tentang Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Kritik ini disuarakan karena warganet merasa kurang ada langkah konkret mengenai penanganan banjir, lain ketika masih dalam masa kampanye yang mau turun langsung melihat ke titik banjir.

    Pada dasarnya meme merupakan sarana penyampaian informasi yang menggunakan media gambar atau tulisan dengan tujuan menghibur dan pesan yang disampaikan mudah dimengerti oleh pembaca. Selain itu meme juga dapat digunakan sebagai sarana pemasaran bagi suatu produk. Namun seiring dengan berjalannya waktu, meme juga dapat digunakan sebagai alat untuk menyampaikan keluh kesah masyarakat tentang keadaan yang sedang terjadi saat ini dan tidak memungkinkan untuk mereka menyampaikan secara langsung kepada pemegang kekuasaan.

    Sebaiknya untuk para kreator meme jika menemukan gambar yang memeable dan berniat untuk menjadikannya sebagai meme, minta izin terlebih dahulu kepada pemiliknya agar tidak berurusan dengan HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual).

     

     

     

     

     

     

     

    Sumber:

    https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/meme

    http://www.pikiran-rakyat.com/hidup-gaya/2017/08/27/asal-usul-meme-pertama-di-internet-408114

    http://blog.politwika.com/serba-serbi-meme/

     

Related Posts