Kiat Jitu Jadi Influencer di Instagram

Hingga saat ini, media sosial (medsos) masih menjadi primadona dalam kehidupan sehari-hari. Di sela-sela kesibukan kita setiap harinya, pasti kita masih menyempatkan diri untuk mengecek notifikasi, mention yang masuk, atau hanya sekadar untuk melihat-lihat garis waktu di medsos kan?

 

Kali ini kami ingin membahas bagaimana kiat menjadi influencer dan bagaimana memulai personal branding di Instagram. Kenapa influencer? Dan kenapa Instagram?

 

Banyak faktor yang membuat Instargam jadi salah satu platform terbaik untuk kalian yang ingin menjadi influencer. Selain karena mudah dan gratis, Instagram adalah powerfull social channel dengan lebih dari 400 juta pengguna aktif tiap bulan dan 80 juta post tiap harinya.

 

Instagram Influencer adalah individu yang membagikan passion-nya lewat konten yang ia buat lewat akun Instagramnya. Biasanya influencer memiliki banyak followers dan memberikan pengaruh yang efektif sehingga para followers tersebut terinspirasi dengan apa yang dilakukan sang influencer.

 

Lalu apakah bisa menghasilkan uang jika sudah menjadi Instagram Influencer? Jawabannya ya bisa saja. Jika konten yang kalian berikan menarik dan memberikan impresi yang tinggi, bukan tidak mungkin pengiklan akan mengajak kalian untuk bekerja sama.

 

So, bagaimana caranya agar kita bisa menjadi influencer di Instagram? Simak baik-baik poin-poin di bawah ini ya.

 

  1. Tentukan yang Ingin Kalian Bagikan di Profil Instagram

Ini adalah langkah yang paling awal sebelum menjadi influencer. Apakah kalian ingin membagikan foto serta video hanya untuk bersenang-senang? Atau membangun personal brand sesuai minat agar bisa menarik perhatian followers? Atau keduanya?

 

  1. Kuasai Passion Kalian

Jika kalian sudah menentukan konten apa yang ingin dibagikan di Instagram, langkah selanjutnya adalah memilih minat yang akan kalian bagikan. Pilih yang kalian sukai dan yang kalian kuasai pengetahuannya. Apakah kalian menyukai fesyen, musik, makanan, mobil, tutorial make-up, atau yang lainnya? Ingat, jangan memberikan calon dan followers kalian dengan konten-konten yang belum kalian kuasai.

 

  1. Ubah profil Instagram ke Bisnis

Kini di Instagram sudah bisa mengubah profil biasa menjadi profil bisnis. Jika kalian bersungguh-sungguh ingin menjadi influencer, ubah profil kalian menjadi profil bisnis. Dengan profil bisnis, kalian bisa mendapatkan informasi serta analisis untuk membantu mengembangkan profil kalian masing-masing.

 

  1. Buat Konten Menarik

 

Sebisa mungkin, buat tema untuk profil kalian. Jika profil kalian memiliki tema yang berbeda dari influencer kebanyakan, sudah pasti followers juga tertarik mem-follow kalian. Jika sudah seperti ini, bukan tidak mungkin mereka akan terinspirasi dan meniru seperti yang ada di profil Instagrammu.

 

  1. Perhatikan Estetika Foto Kalian

Instagram merupakan platform yang mengandalkan visualisasi. Satu masukan dari kami, ambil foto di tempat dengan cahaya yang cukup. Lalu tidak kalah penting, kalian para calon influencer sering-seringlah belajar dan mengulik aplikasi edit foto demi konten kalian jadi lebih baik secara estetika.

 

  1. Manfaatkan Tagar

Tagar atau hastag (#) merupakan sesuatu yang krusial di beberapa medsos khususnya Instagram dan Twitter. Salah satu guna tagar adalah menjangkau khalayak yang lebih luas dan bisa membuat jumlah followers kalian meningkat. Jadi, buatlah penelitian tentang tagar apa saja yang populer dan yang berkaitan dengan foto yang kalian unggah.

 

  1. Buat Caption yang Menarik
Berlin, Germany – February 12: In this photo illustration the app of Instagram is displayed on a smartphone on February 12, 2018 in Berlin, Germany. (Photo Illustration by Thomas Trutschel/Photothek via Getty Images)

Jika ingin menjadi influencer di Instagram, kalian dituntut untuk berpikir kreatif untuk membuat caption. Jangan takut untuk menjadi diri kalian sendiri lewat caption yang kalian tulis, selama itu otentik dan memberi pengaruh positif kepada khalayak.

 

  1. Unggah Konten Secara Konsisten

Konsistensi merupakan salah satu kunci menjadi influencer di platform medsos manapun. Jadi untuk kalian yang ingin menjadi influencer, unggahlah konten secara berkala agar kalian tetap memberi inspirasi bagi para followers.

 

Kami sudah memberikan beberapa kiat jitu untuk menjadi influencer di Instagram. Tertarik mencobanya? Jika sudah menjadi influencer, tetap tularkan semangat pengaruh positif ke followers kalian ya! Jangan lupa follow akun saya di @heyharsen ūüėÄ

 

Sumber 1

Sumber 2

 

 

Related Posts