@kurawa : Jangan Takut Berpihak

IMG_20150313_104613Hai, PoliTwika readers! Ada kabar gembira buat kalian yang suka ikutin isu-isu politik di Twitter nih, karena kali ini kita akan bahas salah satu selebtweet yang suka sekali bahas isu-isu politik dan memberikan prediksinya akan suatu isu tertentu . Kalian pasti sudah gak asing lagi dengan akun bernama @kurawa laki-laki yang bernama asli Rudi ini telah memiliki followers yang tembus di angka 108K atau sekitar 108.000-an. Dengan pengikut sebanyak itu maka Tim Politwika menobatkan @kurawa untuk menjadi salah satu selebtweet yang akan menghiasi kolom Pojok Selebtweet kita dan hari Jumat lalu kami menemuinya untuk ngobrol-ngobrol santai di sebuah mall di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan.

@kurawa telah memainkan Twitter sejak tahun 2009 namun baru aktif nge-tweet sejak 2011 saat  Jokowi dan Ahok ingin mencalonkan diri sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Ia memiliki keyakinan bahwa kedua sosok ini akan mampu membawa perubahan bagi masyarakat. Keyakinan yang ia miliki tak lantaran datang begitu saja, setelah menemui kedua sosok tersebut secara langsung pada satu kesempatan ia meyakini bahwa Indonesia membutuhkan mereka untuk perubahan. Semenjak aktif nge-tweet, @kurawa sering sekali dituduh sebagai akun anonim bayaran, tapi jelas anonimitasnya terbantah karena tim Politwika telah bertemu dengannya secara langsung dan membuktikan bahwa foto avatar yang dipakai di Twitter persis seperti yang kita lihat di dunia nyata. Soal akun bayaran, “Gue belom kekurangan duit buat jadi buzzer,” celotehnya.

Lamanya ia berkecimpung sebagai auditor berbagai jenis perusahaan, ternyata mengharuskan ia bertemu banyak orang dengan beragam sifat sehingga ia dapat menganalisa sebuah kasus dengan instingnya. “Gue gak punya metode yang pasti soal gimana gue analisa sebuah kasus, insting aja yang gue dapet dari pengalaman,” ungkapnya kepada tim Politwika. Kalau sudah lama mengikuti tweet-nya, kita akan tahu betapa banyaknya akun-akun yang mengajaknya untuk twitwar atau adu argumen via twitter, tapi belakangan @kurawa hanya meladeni mereka yang sudah dikenal publik dan suka membuat pernyataan blunder dan ngaco, ia pernah mendebat seorang anggota DPR RI yang senang pamer foto Kunkernya ke luar negeri masalahnya sepele sih tapi membuat @kurawa dicari-cari loh, selain itu ada ahli hukum tata negara yang terkenal juga dan twitwarnya yang terbaru adalah dengan akun seorang legal consultant yang menyerangnya lewat lisensi akuntan publik, ia sampai mengecek apakah nama Rudi Valinka terdaftar pada register auditor Indonesia, yang lucu dari twitwar ini, @kurawa menceritakan sendiri kepada kami bahwa nama Valinka yang ia pakai di Twitter adalah nama anaknya, jelas gak akan ketemu.

Saat ditanya soal peran media sosial saat ini, @kurawa mengatakan penting sekali untuk membangun networking bagi kehidupan dan karir kita. Dia juga menyampaikan pesan untuk para Politwika readers untuk jangan takut untuk berpihak, karena keberpihakan itu adalah sebuah sikap. “Sudah gak jaman lagi sekarang menjadi abu-abu berdiri di dua kaki.”

Ayo, jadi semangat kan bangun networking dan perbanyak pengalaman biar bisa seperti @kurawa ?

Related Posts