Langkah-langkah jika terkena UU ITE

Baru saja kemarin, Andi Arief (andiarief_aa) dilaporkan oleh beberapa orang dengan tuduhan melanggar UU ITE. Alasannya adalah twit dia dianggap telah menghina atau melakukan pencemaran nama baik di Twitter. Fenomena Andi Arief ini sudah banyak terjadi dan memakan banyak sekali orang yang tidak mengerti duduk perkara UU ITE.

Hal yang memperparah kondisi ini adalah salah langkahnya orang-orang ketika dikenakan UU ini. Salah langkah tersebut yang membuat dia menjadi pihak yang sangat dirugikan. Oleh karena itu, kami di sini ingin berbagi beberapa langkah jika kamu dikenakan UU ITE.

  1. Jangan Takut

Perasaan pertama jika dikenakan sebuah pasal bagi seseorang adalah takut. Mereka takut masuk penjara. Jika kamu ada di posisi ini, kami sarankan jangan pernah merasa takut. Masih ada banyak kesempatan untuk meloloskan diri kamu dari jeratan pasal UU ITE.

  1. Usahakan Mediasi

Bisa jadi pelaporan oleh seseorang itu adalah salah paham. Status atau twit kamu bisa saja tidak bermaksud melakui perasaan atau menyerang dia. Sehingga ada baiknya melakukan mediasi dan menyelesaikan secara kekeluargaan.

  1. Mempelajari Sistem Peradilan di Indonesia

Rata-rata korban sebuah pelaporan tidak mengetahui proses pengadilan di Indonesia. Bahwa pengadilan di Indonesia prosesnya sangat lama dan kamu bisa saja bebas di tengah jalan.

  1. Mencari Pihak yang Konsen Mengawal UU ITE

Semakin banyaknya korban yang berjatuhan dari UU ITE ini menimbulkan banyak gerakan advokasi yang dilakukan berbagai orang dan komunitas. Rekomendasi kami adalah menghubungi Safenet dan @DamarJuniarto. Mereka adalah orang yang selama ini mengawal dan mengadvokasi siapa pun yang terkena jerat UU ITE ini.

Keempat langkah tersebut akan membantu kamu menghadapi tuntutan UU ITE. Jangan takut, karena banyak orang akan membantu kamu. Terutama jika tuntutan yang ditujukan tidak jelas. Lawan dan bersuaralah!

Related Posts