Maniak Gadget Bisa Bikin Kanker dan Buta!

maniak gadget

Berapa jam sehari kamu mengakses smartphone? Enam? 10 jam? 18 jam? Kamu sudah sulit lepas dari smartphone, bahkan sampai harus tidur bersama smarthphone? Smartphone menjadi benda yang pertama kamu sentuh di pagi hari, dan benda terakhir yang disentuh di malam hari? Buat kamu yang hobi membawa smartphone ke tempat tidur, sebaiknya mulai dikurangi. Sebab kebiasaan itu memicu beberapa penyakit.

Sinar biru yang berasal dari perangkat elektronik memicu gangguan mental dan fisik secara serius. Sinar biru adalah bagian dari spektrum cahaya penuh. Di siang hari, kita terpapar sinar itu terus menerus. Problemnya, saat malam tiba dan kita masih terpapar smartphone, tablet, laptop, dan sejenisnya, maka berisiko merusak pengelihatan kita. Sinar itu juga mengurangi produksi hormon melatonin, hormon penyebab kantuk.

“Selama 20 tahun saya mengkawatirkan hal ini,” ujar Dr Richard Hansler yang bekerja selama 42 tahun di GE Lighting sebelum dia pindah ke John Carrol University. Di sana dia mempelajari efek sinar perangkat elektronik di malam hari pada kesehatan manusia. Hasilnya, sinar itu buruk bagi kesehatan dan mengganggu pola tidur. Kekurangan melatonik juga bisa memicu diabetes, obesitas, gangguan jantung, dan beberapa jenis kanker.

Bagaimana efeknya pada mata? Lebih buruk lagi. Terpapar layar gadget dalam waktu lama dapat memicu kerusakan retina. Akibat lebih buruknya, bisa membuat mata buta, demikian menurut riset American Macular Degeneration Foundation (AMDF).

Satu-satunya cara mencegah semua efek mengerikan itu, adalah mengurangi menatap gadget. Hobi seperti bermain Candy Crush berjam-jam di malam hari bisa diganti dengan hobi lain, misalnya:

  • Mengobrol bersama keluarga atau orang dekat
  • Membaca buku
  • Melakukan relaksasi seperti senam ringan atau yoga
  • Bermeditasi atau beribadah
  • Mendengarkan musik

Menonton TV sama saja dengan menatap gadget, maka sebaiknya jangan terlalu lama. Tips lain adalah kurangilah intensitas cahaya pada semua gadget. Jadi jelas ya, maniak gadget itu ngga bagus. Yuk, mulai kurangi dan perbanyak aktivitas di dunia nyata.

Related Posts