Media Sosial, Positif atau Negatif?

medsos+-{PoliTwika.Com} Media sosial itu berdampak positif atau negatif? Pertanyaan ini tidak bisa dijawab dengan kalimat pendek. Yuk kita coba merangkum sisi positif dan negatif media sosial. Apa saja itu?

Sisi positif media sosial:

  1. Media sosial untuk bersilaturahmi

Syad Noman Ali pernah menulis di Social Media Today, media sosial mampu membantu terjalinnya hubungan baik kita dengan orang lain. Manusia yang semakin disibukkan oleh pekerjaan cenderung anti sosial, karena tak punya waktu untuk bertemu dengan teman-teman dan kerabat jauh. Media sosial memungkinkan kita tetap berinteraksi dengan mereka kapan saja, di mana saja.

  1. Media sosial membantu penyampaian opini

Media sosial memungkinkan semua orang bisa berkontribusi dalam suatu debat terbuka. Penyampaian opini bisa dilakukan secara langsung, tanpa sensor. Kita bisa langsung mendebat opini orang lain di Twitter, dan dibaca banyak orang. Kita bisa mendapat dukungan atau cercaan, dalam waktu bersamaan.

  1. Media sosial mempermudah pekerjaan

Dengan Twitter, Facebook atau Instagram, pekerjaan bisa terbantu. Mempromosikan produk atau jasa, berkomunikasi dengan rekan kerja, atasan, klien, bisa melalui media sosial. Dengan mengamati pola-pola tertentu di media sosial, suatu perusahaan dapat mengetahui perilaku pelanggannya.

  1. Media sosial sebagai lapangan kerja

Ada banyak profesi baru yang lahir berkat media sosial. Analis media sosial, admin media sosial, bahkan menjadi selebriti media sosial yang mereguk banyak uang. YouTube, Twitter, Instagram, Facebook, menjadi lapangan kerja yang nyaris tanpa batas bagi siapa saja yang siap berlaga di sana.

Sisi negatif media sosial:

  1. Media sosial mengganggu produktivitas

Ini memang anggapan klasik, dan banyak yang menentang. Namun faktanya masih demikian. Menurut Nucleus Research, Facebook telah mengurangi produktivitas perusahaan hingga 1,5%. Sementara Morse mengklaim perusahaan di Inggris telah merugi 2,2 miliar per tahun akibat karyawannya keasyikan dengan media sosial. Work Survey melaporkan, 89% responden mengakui mereka telah membuang-buang waktu dengan media sosial di tempat kerjanya,

  1. Media sosial bikin kecanduan

Sebagaimana kecanduan, maka bisa berefek buruk. Banyak orang yang langsung memeriksa gadget-nya begitu bangun pagi, agar bisa segera update status Facebook, atau membalas twit orang lain. Tak jarang orang mengendara sembari melakukan selfie agar bisa mengunggahnya di Instagram. Semua perilaku itu tidak sehat, tapi kelamaan dianggap sebagai kebiasaan wajar. Para ilmuwan menganggap kecanduan terhadap media sosial sudah setara dengan kecanduan terhadap alkohol.

  1. Media sosial mengurangi privasi

Semua orang bebas memberitahu hal-hal detil tentang dirinya di media sosial, tanpa sensor. Privasi nyaris tak ada lagi. Bahkan menyebarkan foto vulgar, nomor ponsel, nomor rekening, bisa dilakukan siapa saja. Orang tak sadar bahwa membocorkan data-data sensitif bisa menjadi target para cyber criminal. Bahaya pun mengintai, mulai dari penipuan, penculikan, pemerasan, sampai pembunuhan.

  1. Media sosial ajang cyberbully

Kita dengan mudah bisa menemukan ada akun-akun Twitter atau Facebook yang sedang jadi bulan-bulanan. Hampir setiap hari. Ada saja orang yang diserang, dicaci maki, diancam, di linimassa Twitter, Facebook, atau Instagram. Semua serangan di media sosial akan membekas, baik di diri korban bully, atau di dunia maya. Semua data yang diunggah ke media sosial tak bisa dihapus, dan akan terekam selamanya.

Related Posts

  • Nurul NunuSyanlu

    Selain itu juga dalam sisi positif media sosial mampu menyebarkan informasi dengan cepat, karena saat ini orang lebih ramai di media sosial di banding di lingkungan sekitarnya.

    Lalu media sosial juga sebagai media Promosi dan Bisnis, terlihat dari banyaknya bisnis online yang menjamur di berbagai media sosial saat ini.
    Setelah itu media sosial sebagai sarana mengembangkan keterampilan, bagaimana tidak, kita bisa berkreatifitas di media sosial dan mendapatkan komentar-komentar yang membangun dari pengguna lain.