Mengenal Deep Web dan Dark Web

DEEP

Siapa yang tidak tahu dengan internet? Kini hampir semua usia mulai dari para pelajar hingga pekerja menggunakan internet untuk bekerja, mencari tugas, membaca berita, bahkan sekedar menyapa teman. Apalagi di zaman teknologi yang berkembang pesat seperti sekarang, hampir semua alat elektronik telah terhubung dengan internet.

Selain itu hampir semua hal bisa ditemukan lewat internet. Namun, apakah kalian mengetahui tentang deep web dan dark web? Hampir sama dengan internet pada umumnya, tapi dengan mengakses deep web dan dark web, kalian bisa menemukan hal-hal yang mengejutkan.

Mungkin sebagian dari kita mengenal dengan Wikileaks. Wikileaks adalah salah satu website yang ada di deep web. Sekedar informasi, Wikileaks adalah media massa internasional yang mengungkapkan dokumen-dokumen rahasia negara dan perusahaan kepada publik melalui website-nya.

Internet yang kita ketahui selama ini hanyalah sebagian kecil dari keseluruhan website yang ada di dunia. Kali ini kami akan memberitahukan tentang apa itu deep web dan dark web.

deep-web
Ilustrasi internet, deep web, dan dark web (brandpowder.com)

Deep web adalah bagian dari internet yang tidak dapat diakses lewat mesin pencari utama seperti Google, Yahoo, atau Bing. Jika kalian ingin mengakses deep web, kalian harus mengunjungi webnya langsung, tanpa mencarinya lewat mesin pencari.

Jadi, kalian tidak akan bisa menemukan deep web sebelum kalian menemukan alamat website dari deep web tersebut. Perlu diingat juga bahwa yang ada di deep web belum tentu sesuatu yang berbahaya. Salah satu contohnya adalah Wikileaks yang sudah dibahas di awal tadi.

Sementara itu, dark web atau yang disebut juga darknet adalah bagian dari deep web. Namun alamat website dari dark web tidak ada di dalam indeks. Untuk mengakses dark web diperlukan aplikasi khusus yang sudah terhubung dengan dark web itu sendiri dan prosesnya juga membutuhkan waktu yang cukup lama.

Kegunaan dari aplikasi tersebut adalah untuk menyembunyikan identitas kita saat mengunjungi dark web. Terkait dark web, biasanya berisi tentang aktivitas kriminal dari berbagai tingkat termasuk jual beli narkoba, pornografi, perjudian, dan lain-lain.

Secara garis besar, dark web adalah bagian dari deep web, yakni bagian dari internet yang tidak dapat diakses. Namun dark web hadir lebih spesifik dan digunakan oleh orang-orang yang sengaja mencoba untuk mengontrol akses. Bukan tanpa alasan, kebanyakan dari mereka tidak ingin privasi mereka terganggu, bahkan mereka membuat sebuah dark web karena mereka mengetahui apa yang dilakukannya adalah ilegal.

Kalian mungkin menemukan hal yang “menarik” dari deep web dan dark web. Namun perlu diingat, menjauhlah dari dari deep web dan dark web karena bisa jadi kalian akan terkena masalah hukum karena mengakses website tersebut. Pesan kami, gunakan deep web dan dark web dengan bijaksana dan ambil sisi positif yang terdapat di dalamnya.

Related Posts