Mengupas Selebtweet Indonesia

 

Indonesia merupakan negara dengan angka pengguna internet yang cukup besar. Pada tahun 2014, tercatat sekitar 82.000.000 masyarakat Indonesia menggunakan internet. Sebagai salah satu media sosial yang menggunakan internet, Twitter juga menjadi salah satu media sosial yang digemari masyarakat Indonesia selain Facebook. Tercatat pada Januari 2014, menurut http://wearesocial.sg pengguna Twitter di Indonesia mencapai 80% dari keseluruhan pengguna internet. Mengapa demikian? Seperti yang kita ketahui, bahwa Twitter merupakan salah satu media sosial yang sederhana, user friendly, terbatas hanya 140 karakter dengan interaksi yang cukup unik antar sesama penggunanya. Dari keunikannya tersebut banyak pula fenomena yang kemudian muncul, salah satunya adalah fenomena Selebtweet.

Sebelum pembahasan lebih jauh. Pertama-tama kita perlu menyamakan persepsi tentang Selebtweet terdahulu. Apakah yang dimaksud dengan Selebtweet itu? Banyak pemahaman yang berbeda mengenai Selebtweet, namun pada dasarnya ada perbedaan mendasar antara Selebtweet dan Seleb di dunia nyata. Seleb di dunia nyata yang memiliki akun Twitter dengan followers banyak tidak semuanya bisa disebut sebagai Selebtweet. Lalu apakah itu Selebtweet? Selebtweet adalah mereka yang di dunia nyata bukanlah siapa-siapa / tidak terkenal namun memiliki akun dengan followers banyak dan punya power untuk influence para pengikutnya. Mayoritas Selebtweet memiliki konten Tweet yang menarik dan disukai banyak pengguna Twitter.

Selebtweet juga bisa dikategorikan dalam beberapa kelas. Banyak yang disukai karena Tweet konten politik, motivasi, pengetahuan, sastra dan kehidupan sehari-hari. Kita ambil contoh untuk konten politik ada @hansdavidian seorang jurnalis dari Jakarta Post yang suka berkicau mengenai isu-isu politik nasional yang sedang berkembang. Ada juga @commaditya dan @elwa yang senang memainkan kata-kata puitis di linimasanya. @arman_dhani yang senang sekali membahas konten sastra, @adelladellaide yang konten percintaannya banyak digemari oleh kalangan remaja, ada @nukman dan @ndorokakung sebagai pengamat media sosial, ada @kurawa yang seringkali dijuluki paranormal Twitter karena prediksinya mengenai isu sosial, politik dan ekonomi, dan selain itu banyak juga Selebtwit anonim yang tidak memberi tahu identitas aslinya kepada publik dengan alasan tertentu. Mereka inilah yang mewarnai linimasa kebanyakan pengguna Twitter.

Sekarang kita akan membahas fakta-fakta Selebtweet.

  1. Selebtweet kerjanya ngetwit. Karena inilah modal awal untuk menjadi Selebtweet, cuma modal jempol dan punya kreatifitas untuk menciptakan konten menarik yang ditulis hanya dengan 140 karakter. Mereka juga punya kehidupan lain atau pekerjaan lain di luar Twitter, tapi biasanya apapun yang mereka alami dan amati di dunia nyata akan menjadi bahan kicauannya di Twitter kemudian.
  2. Ada mitos yang mengatakan bahwa Selebtweet itu biasanya pendiam di dunia nyata, jadi Twitter bisa menjadi wadah seseorang yang memiliki sifat pendiam untuk berkicau sesuka hatinya. Namun faktanya adalah tidak semua Selebtweet itu adalah pendiam. Banyak juga diantaranya yang memang bawel di dunia nyata dan kebawelannya tersebut juga biasanya dijadikan bahan kicauannya di Twitter.
  3. Selebtweet itu biasanya cuma terkenal di Twitter. Tidak seperti selebriti pada umumnya di dunia nyata, mereka bisa dikenal dari kalangan anak-anak hingga lanjut usia, Selebtweet hanya punya power dan influence di dunia maya khususnya Twitter.
  4. Para Selebtweet ini memang benar-benar menguasai pembentukan personal brand di media sosial. Mereka juga melihat peluang bahwa Twitter dapat menjadi ajang mendatangkan uang. Banyak brand-brand yang mencari Selebtweet untuk buzzing brand mereka agar lebih dikenal banyak orang, namun faktanya tidak semua Selebtweet memiliki uang banyak, banyak juga yang memanfaatkan kepopulerannya untuk menipu pengikutnya seperti kasus yang dilakukan @merakdjenar
  5. Ini yang menarik, ternyata banyak pula Selebtweet yang memanfaatkan kepopulerannya untuk menggaet pengikutnya, jika pengikutnya dianggap cantik maka akan difollow balik dan kemudian berlanjut melalui jalur direct message untuk kemudian diajak bertemu dan tidak jarang yang diajak pula naik ke ranjang setelahnya.
  6. Fenomena Selebtweet yang menerbitkan buku dan novel sudah tidak langka lagi. Bahkan ada yang sewa ghost writer untuk menuliskan naskah bukunya. Sebenarnya tidak ada yang salah dari menerbitkan buku, tapi mengapa penerbit lebih memilih untuk menerbitkan buku dari Selebtwit yang memiliki followers banyak ketimbang dengan mereka yang memiliki skill mumpuni untuk menulis. Tentunya lagi-lagi kita berbicara soal pasar dan bisnis.

Dari fenomena Selebtweet tersebut, kini banyak pula muda-mudi yang terobsesi menjadi Selebtweet dengan followers banyak demi keuntungan-keuntungan yang dapat diraihnya kemudian. Namun alih-alih memakai kreatifitas mereka, mereka memilih jalan pintas dengan membeli followers agar terlihat populer. Banyak pula yang tersandung kasus copas-ing. Anehnya bukan cuma orang-orang yang terobsesi menjadi Selebtweet yang melakukan hal ini, mereka yang telah menjadi Selebtweet juga banyak yang melakukan copas-ing, @ndorokakung contohnya pernah beberapa kali ketahuan melakukan copas-ing terhadap akun jokes & quotes luar negeri.

Karena banyaknya kasus-kasus penipuan yang juga muncul dari media sosial dan khusus di Twitter banyak yang muncul dari orang-orang yang terkenal alias Selebtweet ini, maka berhati-hatilah dan pintar-pintarlah memilah following-mu dan jangan terlalu memuja Selebtweet karena tidak semuanya layak untuk ditiru, mereka juga manusia yang tidak sempurna sama seperti orang-orang kebanyakan. Sekian dan salam.

Related Posts