Momen Terbaik Twitter 10 Tahun Terakhir

momen terbaik twitter

Hari ini 10 tahun yang lalu, tepatnya 21 Maret 2006 salah satu media sosial raksaksa dunia, Twitter berhasil dibuat oleh Jack Dorsey. So, Happy Birthday Twitter! Nah, buat merayakan 10 tahun Twitter hari ini, yuk kita nostalgia apa saja sih yang pernah terjadi di Twitter 10 tahun terakhir?

[title above=”” h1=”false” center=”false”]2006[/title]

Di tahun ini, tepatnya diawal bulan Maret, Jack Dorsey mulai membuat sketsa pertama dari Twitter. Hingga akhirnya di 21 Maret 2006, Jack Dorsey melalui akun Twitter-nya @jack mem-posting tweet pertamanya.

[title above=”” h1=”false” center=”false”]2007[/title]
Tepat di bulan Agustus, Chriss Messina (@ChrisMessina) mengajukan usul kepada Twitter untuk menyediakan fitur hastag untuk memudahkan pencarian topik tertentu. Meski sempat ditolak mentah-mentah, pada akhirnya usul tersebut disetujui oleh Twitter.

[title above=”” h1=”false” center=”false”]2008[/title]
Melalui akun Twitter, @MarsPhoenix, NASA mengungkapkan bahwa di luar angkasa, tepatnya di planet Mars ditemukan bercak es.

[title above=”” h1=”false” center=”false”]2009[/title]
Di awal tahun, Twitter dikejutkan dengan tweet Janis Krums (@jkrums) mengenai pendaratan darurat pesawat US Airways yang membawa 155 orang penumpang di Sungai Hudson.

Masih di tahun yang sama tepatnya di bulan April untuk pertama kalinya Twitter mencatat ada akun Twitter yang memiliki 1juta followers.  Akun Twitter yang dimaksud adalah @aplusk yang merupakan akun Twitter pribadi milik Ashton Kutcher.

[title above=”” h1=”false” center=”false”]2010[/title]
TJ Creamer, salah satu astronot NASA pada bulan Januari mengejutkan publik dengan keberhasilannya memposting tweet  langsung dari International Space Station.

Di bulan yang sama, dalam pemberontakan Arab Spring para mengunjuk rasa menggunakan media sosial, salah satunya Twitter sebagai alat mobilisasi untuk mengkoordinasi atau mengatur  proses menyingkirkan Presiden Tunisia, Zine El Abidine Ben Ali dan pengunduran diri pemimpian Mesir, Hosni Mubarak.

[title above=”” h1=”false” center=”false”]2011[/title]
Sohaib Athar, seorang konsultan IT di Abbottabad, Pakistan secara tidak sengaja melakukan live tweet mengenai US Navy Seals tentang tewasnya Osama bin Laden pada bulan Mei.

[title above=”” h1=”false” center=”false”]2012[/title]
Untuk merayakan kemenangannya, Presiden Amerika Serikat, Barack Obama melalui akun Twitternya @BarackObama memposting sebuah tweet berbunyi ‘Four more years’ yang dilengkapi dengan foto dirinya memeluk sang istri, Michelle Obama.

Di penghujung tahun, Paus Benediktus  (@Pontifex) menjadi Paus pertama yang bergabung dengan Twitter. Ia pun kemudian membuat 8 akun Twitter yang digunakan untuk memposting tweet dengan 8 bahasa yang berbeda yakni Arabic, English, French, German, Italian, Polish, Portuguese dan Spanish.

[title above=”” h1=”false” center=”false”]2013[/title]
Pada bulan April, ada lebih dari 27 juta tweet dari seluruh pengguna Twitter yang membicarakan tentang pengeboman di Boston Maraton, ditandai dengan #BostonStrong sebagai bentuk dukungan pengguna Twitter untuk warga Boston.

Selain itu, di bulan Juli 2013 Twitter diwarnai oleh 2 juta tweet yang membicarakan tentang kelahiran Pangeran George, putra dari Pangeran William dan Kate Middleton.

[title above=”” h1=”false” center=”false”]2014[/title]
Sebagai pesta olahraga terbesar di dunia, setidaknya selama event berlangsung  ada lebih dari 672 juta tweet tentang World Cup 2014. Momen lainnya, saat tweet Ellen Degeneres (@TheEllenShow) yang memposting foto selfie bersama beberapa rekannya saat Oscar sedang berlangsung berhasil memecahkan rekor sebagai tweet yang paling banyak dire-tweet, yakni lebih dari 2 juta kali.

[title above=”” h1=”false” center=”false”]2015[/title]
Juni 2015, Caitlyn Jenner akhirnya bergabung di Twitter dengan username @Caitlyn_Jenner. Hanya butuh waktu kurang dari 4 empat jam saja bagi dirinya untuk memperoleh 1 juta followers. Selain itu, masih di tahun 2015 ada jutaan pengguna Twitter menggunakan hastag #PrayForParis sebagai bentuk solidaritas, dukungan akan perdamaian setelah terjadi serangan teror yang menewaskan sedikitnya 130 orang pada bulan November.

[title above=”” h1=”false” center=”false”]2016[/title]
Kemenangan Leonardo DiCaprio sebagai Aktor Terbaik dalam Piala Oscar dirayakan sangat semarak oleh pengguna Twitter, hal ini menyebabkan terjadinya lonjakan sebesar 440.000 tweet per menit.

Bagaimana? Ternyata banyak yah moment mengejutkan, mengembirakan dan mengharukan yang terjadi di Twitter selama 10 tahun terakhir. ? Selain yang sudah kami sampaikan di atas, ada apa lagi sih? Coba share momen lainnya di kolom komentar ya guys!

Related Posts