Nasib Akun Media Sosial Setelah Ajal Menjemput

Media sosial menjadi alat yang tidak disengaja berfungsi untuk menyimpan kenangan-kenangan dalam hidup seseorang. Ketika nanti orang tersebut dijemput oleh maut, apa saja nasib yang bisa terjadi pada akun media sosialnya?

Yang paling dekat adalah kematian.

– Imam al-Ghazali –

Bukan, kutipan di atas hanya sekedar pengingat saja. Artikel ini tentu lebih fokus pada akun media sosial yang ditinggalkan. Jadi, apa yang akan terjadi pada aset akun digital setelah penggunanya meninggal?, tiba-tiba, bahkan sebelum selesai membaca artikel ini? Apakah keluarga dapat menemukan apa yang ‘kamu’ tinggalkan?

Generasi sebelum era milenial mungkin saja membuat catatan, foto, video dan sebagainya dalam perangkat keras agar ketika ajal menjemputnya, Ia memiliki kenangan yang akan dibagikan kepada keluarga terkasihnya saat ditinggalkan. Di era media sosial seperti sekarang ini, rasanya cukup lah Facebook, Twitter dan media sosial lain menjadi buku harian yang akan menjadi kenang-kenangan saat seseorang meninggal. Setuju?

Setiap media sosial tentu memiliki aturan masing-masing untuk menyikapi akun yang penggunanya tiada. Namun satu kesamaan dari semua media sosial adalah pilihan untuk menonaktifkan akun. Padahal, jika dinonaktifkan bagaimana keluarga dan teman dekat almarhum akan mengenang kenangan mereka bersama?

Berikut adalah peraturan beberapa platform media sosial terhadap akun pengguna yang tiada:

Apa yang terjadi dengan akun Facebookmu ketika kalian meninggal?

Dengan Facebook, ada dua opsi yang bisa kalian pilih: menghapus akun atau untuk memorialisasikan akun. Pengguna dapat memutuskan sebelumnya, atau menominasikan seseorang untuk menjadi ‘pengurus sah’ yang dapat mengelola akun. Berdasarkan aturan privasi Facebook, seseorang yang menjadi ‘pengurus sah’ akun milik seseorang yang meninggal, hanya dapat melihat apa yang telah dipilih almarhum untuk dibagikan, sehingga tidak dapat melihat hal-hal yang tidak ingin dibagikan, seperti pesan pribadi.

Apa bedanya akun biasa dengan akun memorial?

Pada akun memoar, akun tersebut akan tetap aktif, tapi tidak lagi dapat ditelusuri, menerima ‘teman’ baru atau muncul di kotak ‘Orang yang Mungkin Anda kenal’, dengan kata lain tidak semua orang dapat masuk ke profil almarhum. Selain itu, akun ini memiliki kata ‘Mengingat’ di atas nama akun pengguna, cukup menjadi tempat yang cukup baik untuk mengingat kenangan bersama.

Facebook mengatakan:

“In the memorialised state, sensitive information such as status updates and contact information is removed from the profile, while privacy settings on the account are changed so that only confirmed, existing friends can see the profile or locate it in Facebook’s internal search engine.”

Cara menghapus akun Facebook ketika seseorang meninggal

Seseorang yang mengenal almarhum dan ingin mengurus akun Facebook-nya, perlu menyediakan salinan akta kematian dan bukti bahwa Ia memiliki wewenang untuk meminta penghapusan akun orang tersebut, misalnya: surat wasiat atau akta kelahiran untuk menunjukkan status keluarga dekat.

Untuk menghapus akun Facebook ketika seseorang meninggal, ikuti langkah-langkah berikut:

Apa yang terjadi dengan akun Twittermu ketika kalian meninggal?

Dengan Twitter, seseorang perlu melengkapi formulir untuk melaporkan kematian pengguna dan menonaktifkan akun. Biasanya Ia perlu memberikan nama pengguna, sertifikat kematian dan bukti identitas dan hubungan dengan almarhum. Di Twitter, jika kerabat tidak memiliki password atas akun tersebut, Twitter sama sekali tidak akan memberikan akses masuk pada akun yang bersangkutan, sedekat apapun hubungan orang itu dengan almarhum.

Dikutip dari laman LinkedIn:

Sayangnya, mungkin ada saatnya ketika kamu menemukan profil seorang kolega, teman sekelas, atau orang yang dicintai telah meninggal dunia. Jika ini terjadi, kami dapat menutup akun orang itu dan menghapus profil mereka.

Kami membutuhkan kamu untuk mengumpulkan:

  • Nama pengguna
  • URL ke profil LinkedIn mereka
  • Hubungan kamu dengan mereka
  • Alamat email pengguna
  • Tanggal Ia meninggal
  • Tautan ke obituari
  • Perusahaan tempat mereka bekerja terakhir

Untuk memulai proses ini, tolong jawab beberapa pertanyaan tentang orang yang telah meninggal dengan mengisi formulir ini. Setelah kamu mengisi formulir ini, formulir akan secara otomatis dikirim kepada kami untuk ditinjau dan kami akan menghubungi kamu.

Cara Instagram menangani akun seorang yang sudah meninggal kurang lebih sama dengan Facebook, berikut dikutip dari laman Instagram:

Bagaimana cara melaporkan akun orang yang sudah meninggal di Instagram?

Jika Anda menemukan akun di Instagram milik seseorang yang telah meninggal, Anda dapat melaporkannya kepada kami agar dijadikan akun kenangan. Jika Anda adalah anggota keluarga dekat orang tersebut, Anda dapat meminta akun untuk dihapus dari Instagram.

Menjadikan akun kenangan:

Kami akan menjadikan akun Instagram orang yang telah meninggal dunia sebagai kenangan apabila kami menerima permintaan yang valid. Kami mencoba mencegah munculnya rujukan ke akun kenangan di Instagram yang dapat membuat teman dan keluarga orang itu merasa tidak senang, dan kami juga mengambil langkah-langkah untuk melindungi privasi orang yang telah meninggal dengan mengamankan akunnya.

Untuk melaporkan akun agar dikenang, hubungi kami. Kami memerlukan bukti kematian, seperti tautan ke berita duka atau artikel, untuk mengenang akun.

Harap diingat bahwa kami tidak dapat memberikan informasi masuk untuk akun kenangan. Orang lain yang masuk ke akun orang lainnya selalu melanggar kebijakan kami.

Menghapus akun:

Anggota keluarga dekat yang sudah diverifikasi dapat mengajukan permintaan penghapusan akun orang yang dicintainya dari Instagram. Saat Anda mengirimkan permintaan penghapusan, kami memerlukan bukti bahwa Anda adalah anggota keluarga dekat dari orang yang meninggal, seperti:

  • Akta kelahiran almarhum/almarhumah
  • Akta kematian almarhum/almarhumah
  • Bukti otoritas berdasarkan hukum setempat bahwa Anda adalah wakil resmi almarhum/almarhumah atau atas harta bendanya

Untuk meminta akun agar dihapus, isi formulir ini.

Dengan menggunakan menu Pengelola Akun Tidak Aktif Google, kamu dapat menentukan apa yang ingin dilakukan dengan akunmu setelah kamu meninggal, bisa dengan menonaktifkan akun, atau dengan menambahkan kontak tepercaya. Google tidak akan memberikan data login atau kata sandi kepada kontak yang terpercaya sekalipun.

Berikut dikutip dari laman pengelola akuntidak aktif Google:

Kirim permintaan terkait akun pengguna yang telah meninggal

Orang-orang mengharapkan Google untuk menyimpan informasi mereka dengan aman, bahkan dalam hal kematian mereka.

Buat rencana untuk Pengelola Akun Anda
Menonaktifkan Akun adalah cara terbaik bagi Anda untuk memberi tahu kami siapa yang seharusnya memiliki akses ke informasi Anda, dan apakah Anda ingin akun Anda dihapus. Siapkan untuk Menonaktifkan akun Anda.

Buat permintaan untuk akun orang yang telah meninggal
Kami menyadari bahwa banyak orang meninggal tanpa meninggalkan instruksi yang jelas tentang cara mengelola akun mereka. Kita dapat bekerja dengan anggota keluarga dan perwakilan terdekat untuk menutup akun orang yang sudah meninggal jika diperlukan. Dalam keadaan tertentu kami dapat menyediakan konten dari akun pengguna yang telah meninggal. Dalam semua kasus ini, tanggung jawab utama kami adalah menjaga agar informasi orang tetap aman, aman, dan pribadi. Kami tidak dapat memberikan kata sandi atau detail masuk lainnya. Keputusan apa pun untuk memenuhi permintaan tentang pengguna yang telah meninggal hanya akan dilakukan setelah peninjauan yang cermat.

Ponsel juga bisa menjadi media pengingat kenangan untuk kerabat dekat seseorang yang meninggal. Jika ponsel milik kamu dikunci, pastikan ada salah satu keluarga atau kerabat dekat yang mengetahuinya. Karena, yang menurut kalian dirasa tidak terlalu penting bisa saja akan berarti banyak bagi keluarga atau kerabat yang ditinggalkan.
Jadi, sudah bersiap?

Related Posts