New Normal Perusahaan-Perusahaan Global: WFH Selamanya!

Pandemi Covid-19 memang belum sepenuhnya usai, namun keadaan yang membaik sudah menyambut, dan kita mengenalnya dengan sebutan New Normal. Dilansir dari detik.com New Normal merupakan istilah untuk menyebut cara hidup baru di tengah pandemi, yang kini telah memiliki peningkatan angka kesembuhan. New Normal atau Kenormalan Baru adalah langkah percepatan penanganan Covid-19 dalam bidang kesehatan, sosial, dan ekonomi. Beberapa daerah di Indonesia telah membuat peraturan terkait penetapan New Normal, sembari menerapkan upaya pencegahan Covid-19 secara berkala.

Peraturan setiap daerah dalam menghadapi New Normal pun cukup beragam, di Semarang penerapan New Normal akan dilakukan per tanggal 7 Juni 2020 setelah Pembatasan Kegiatan Masyarakat selesai, dibarengi dengan penetapan  pola masuk sekolah baru dari Dinas Pendidikan. Sementara itu, Jawa Barat telah lebih dahulu menerapkan New Normal pada 1 Juni 2020.

Tidak hanya kebijakan daerah saja, beberapa perusahaan pun mulai meniadakan work from home. Namun, ternyata hal serupa tidak sepenuhnya ditemukan pada perusahaan teknologi. Awalnya WFH memang terasa memiliki banyak hambatan dan membosankan, tapi seiring berjalannya waktu para karyawan mampu beradaptasi, dan bekerja dengan sangat produktif. Hal tersebut menjadi faktor pendorong pada perusahaan teknologi, dalam mempertimbangkan para pekerjanya untuk tetap bekerja dari rumah secara permanen, meskipun pandemi telah berakhir.

CNN melansir beberapa perusahaan yang mengizinkan penerapan WFH selamanya:

1. FACEBOOK

Punya 5 Kualitas Ini? Kamu Berpeluang Kerja di Kantor Facebook ...

Sumber Gambar: Boombastis(dot)com

CEO Facebook Mark Zuckerberg mengatakan sebanyak 50% karyawannya dapat menerapkan WFH selama 10 tahun ke depan. Penerapan WFH tersebut juga merupakan bentuk aspirasi karyawan, dan bertujuan untuk menciptakan kesejahteraan ekonomi.

 

2. TWITTER

Mahasiswa UI Terpilih Magang di Kantor Pusat Twitter Tanpa Tes

Sumber Gambar: Uzu Media

Twitter juga membebaskan karyawannya yang berada di posisi-posisi bidang tertentu, untuk memilih bekerja dari rumah “selamanya”. Pertimbangan tersebut adalah penilaian yang cukup dimatang, berdasarkan kinerja yang telah diukur selama pandemi berlangsung.

 

3. SQUARE

After Twitter, Jack Dorsey announces permanent work-from-home ...

Sumber Gambar: hrnxt(dot)com

Square yang didirikan oleh Jack Dorsey juga berencana menerapkan kebijakan serupa, sebab Square menginginkan karyawannya untuk bekerja dari manapun, di lingkungan yang mereka sukai.

 

4. SHOPIFY

Inside look at the Shopify headquarters on Elgin St in Ottawa, May 30, 2018. Photo by Jean Levac/Postmedia 129298

Sumber Gambar: Postmedia

CEO Shopify Tobi Lutke mengumumkan, bahwa dunia kerja telah mengalami perubahan. Tobi Lutke mengatakan, Shopify sebagai platfotm e-commerce untuk pelaku usaha mikro akan tetap menutup kantornya hingga tahun 2021. Tahun ini perusahaan tersebut akan merancang ulang kantornya untuk menghadapi New Normal, sementara itu sebagian besar karyawannya akan mulai bekerja dari rumah secara permanen.

5. GROUPE PSA

Groupe PSA. Carlos Tavares va déménager son bureau à l'ADN

Sumber Gambar: L’Argus

Perusahaan otomotif dari Perancis PSA mengumumkan “era baru kecerdasan”, yakni penerapan work from home untuk para pekerja non produksi. PSA yang memproduksi mobil Peugeot, Citroen, DS, Opel, dan Vauxhall, akan memperkuat teleworking yang akan menjadi tolok ukur bagi aktivitas karyawan non produksi. PSA pun akan memungkinkan karyawannya untuk memiliki keseimbangan antara kehidupan pribadi, pekerjaan, serta kemudahan mobilitas.

6. BOX

Sumber Gambar: officesnapshots(dot)com

CEO Box Aaron Levie mengumumkan dalam blog pribadinya, bahwa para pegawainya yang berjumlah hampir 2.000 orang, akan bebas bekerja dari manapun hingga akhir tahun 2020. Sebelum pandemi, Box memang sudah memperkerjakan 15% karyawannya dari luar kantor, namun Aaron Levie memperkirakan jumlah tersebut akan meningkat.

 

Wah, memang tidak dipungkiri selalu ada hikmah dalam setiap masalah. Siapa coba yang enggak suka kerja dari rumah?! Pasti ada saja, sih. Perubahan yang kita lakukan demi melakukan pencegahan virus, ternyata memiliki dampak lain yang juga memberikan cara baru bagi kita dalam beradaptasi. WFH yang awalnya terasa berat untuk dilakukan, kini sulit untuk dilepaskan. Terlebih untuk para pekerja yang sudah bekeluarga. Kapan lagi tak perlu berdesakan di kereta, dan gak pernah melewatkan sarapan bareng keluarga? Semoga perusahaanmu menjadi salah satunya!

Related Posts