“Om Telolet Om” Hebohkan Musisi Dunia

Beberapa hari belakangan dunia media sosial, khususnya Indonesia, dihebohkan dengan fenomena yang dikenal dengan “Om Telolet Om”. Fenomena ini disinyalir berasal dari para anak-anak kecil yang berburu suara klakson unik bus yg berbunyi “telolet”.

Fenomena tersebut menjadi viral di media sosial setelah sebuah video memperlihatkan beberapa anak-anak berada di pinggir Jalan Raya Daerah Ngabul, Jepara, Jawa Tengah yang meminta supir bus membunyikan klakson bus.

Tidak hanya meminta supir bus membunyikan klakson dengan cara berteriak, para anak-anak tersebut juga melakukannya dengan cara membawa sebuah kertas dengan tulisan “Om Telolet Om”. Bukan hanya anak-anak yang berburu suara klakson bus, para warga sekitar pun dikabarkan sempat menghadang bus lalu selfie dengan bus tersebut dan mengunggahnya ke media sosial.

Hal itulah yang membuat fenomena suara klakson unik bus menjadi viral dan jadi perbincangan di media sosial. Dalam sekejap, apa yang dilakukan anak-anak Jepara itu pun diikuti oleh para netizen hampir di seluruh Indonesia.

Lalu, kenapa musisi dunia juga bisa mengetahui dan menjadi heboh dengan “Om Telolet Om”? Bahkan beberapa DJ dunia pun memposting kalimat yang berkaitan dengan fenomena tersebut, seperti DJ Snake, Marshmello, dan Zedd.

Diperkirakan para musisi dunia itu mengetahui fenomena tersebut dan “terganggu” karena komentar netizen asal Indonesia yang iseng menuliskan “Om Telolet Om” di Twitter maupun Instagram mereka. Jadi mau tak mau, mereka pun mencari tahu tentang hal itu.

Selain menjadi perhatian empat DJ di atas, ada beberapa musisi dunia yang masih bertanya-tanya tentang apa itu “Om Telolet Om”.

Perlu diketahui, pengguna internet Indonesia menurut survey Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada Oktober 2016 mencapai 132,7 juta pengguna. Ya, pengguna internet di Indonesia lebih dari 50% populasi penduduknya. Dengan jumlah tersebut, bukan tidak mungkin para netizen Indonesia bisa membuat trend baru dunia lewat medsos.

Fakta lain dari survey tersebut adalah sebagian besar pengguna internet Indonesia mengakses internet untuk medsos dan hiburan seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Selain itu berdasarkan umur, rentang usia 10-14 tahun penetrasinya adalah 100%.

Jadi, bukan hal yang aneh jika para netizen Indonesia bisa membuat heboh di jagat dunia medsos. Setelah fenomena “Om Telolet Om”, kira-kira kehebohan apa lagi yang akan diciptakan netizen Indonesia ya?

Related Posts