Online Event Jadi Rutinitas Paling Menarik Saat Pandemi! 

Pandemi telah memberikan banyak dampak kepada kehidupan kita, dari mulai membuat kita terisolasi dari aktivitas di luar rumah, hingga ikut melaksanakan new normal yang memungkinkan kita beraktivitas kembali di luar rumah. Tentunya sembari menerapkan protokol kesehatan yang ketat, serta membiasakan diri untuk sesering mungkin mencuci tangan, dan tidak melepaskan masker. Dampak dari pandemi Covid-19 juga dirasakan oleh para penyelenggara event terutama dunia panggung hiburan. Kini, acara-acara hiburan dilakukan dengan serba online, itu merupakan satu-satunya cara untuk menghindari pertemuan atau kerumunan audiens.

Acara hiburan seperti streaming concert sudah banyak dipilih oleh para pekerja hiburan untuk tetap berinteraksi dengan audiens mereka. Musisi dunia seperti Chris Martin pun telah melakukan live di Instagram untuk menggelar konser kecil selama self quarantine. Chris Martin mengaku dirinya terinspirasi oleh John Legend yang mengadakan “konser virtual” serupa melalui akun Instagram-nya.

Dilansir dari cinemags menurut Andhika Soetalaksana Vice President of Sales and Business Development Kiostix, sebelum pandemi pun memang sudah banyak event yang diselenggarakan secara online, namun saat ini memang semakin banyak dilakukan. Tidak hanya konser musik, show by online untuk berbagai kegiatan lain, seperti seminar, olahraga virtual, kuliah, pameran, dan kegiatan industri event organizer lainnya.

Buat Online Event-mu Semakin Menarik di Tengah Pandemi!

Acara-acara yang digelar offline beralih ke online, dengan demikian tentu membutuhkan cara tertentu untuk lebih membuat acaramu menarik di mata audiens. Terlebih selama ini mayoritas penikmat acara offline tentu lebih terbiasa dan akrab dengan suasana acara yang langsung bertatap muka. Loket telah melansir beberapa cara untuk membantu para penyelenggara acara untuk membuat event online yang menarik, simak baik-baik ya!

Konser Musik

Quarantine livestreams and virtual concerts: a new take on live ...

Sumber Gambar: VOX

Konser musik yang sedari awal kita bahas memang menjadi aktivitas paling familier di tengah pandemi, acara ini juga sering menjadi pelengkap rangkaian acara-acara virtual lainnya. Online music concert juga menjadi hiburan andalan untuk masyarakat yang melaksanakan karantina, tidak hanya itu konser virtual pun mampu menghapus batas jarak para musisi untuk berkolaborasi.

Kompetisi Gim

Facebook Siap Bayar Gamer yang Lakukan Live Streaming Video ...

Sumber Gambar: Kumparan

Perkembangan komunitas game di Indonesia semakin bertambah. Saat ini pemain game profesional pun semakin dihargai, dengan pendapatan/hadiah yang semakin menjanjikan. Nah, kompetisi game menjadi potensi yang sangat kuat untuk diselenggarakan! Kamu bisa menyertakan talk show dengan pemain profesional, atau bahkan menyelingi konser virtual di tengah kompetisi tersebut.

Aktivitas Kebugaran

What is Online Personal Training | Hatfield Personal Training

Sumber Gambar: Personal Trainer & Fitness

Kesehatan menjadi topik yang hangat di tengah pandemi, dan banyak masyarakat yang selama ini tak punya waktu saat berolahraga, untuk itulah aktvitas berolahraga secara online bisa menjadi pilihan event yang tepat. Lebih-lebih warganet tidak akan kehilangan instruksi, karena akan ada coach yang mendampingi secara virtual. Seru dan sehat!

Workshop

How to run an online workshop | Brand By Me

Sumber Gambar: Brand By Me

Workshop dinilai efektif bila audiens bisa memproses materi yang diberikan oleh pengisi acara. Online workshop bernilai lebih efektif, karena audiens dianggap mampu mengurangi distraksi karena cukup memperhatikan gawai yang mereka gunakan. Namun, karena harus dirangkai secara padat, jelas, dan mudah dimengerti, para kreator diharuskan untuk fokus dan melakukan trial ketika membuat dan menyampaikan materi.

Tutorial Video

Virtual Cooking Classes - Best Online Cooking Platforms

Sumber Gambar: Country Living Magazine

Banyak orang menyelami hobinya lebih dalam saat karantina di rumah, atau bahkan menemukan hobi baru menyenangkan lainnya. Video tutorial dari para ahli atau orang yang berpengalaman menjadi salah satu konten yang ditunggu-tunggu, sebab tips dan trik dari mereka tentu sangat dinantikan penerapannya oleh warganet. Video tutorial bisa beragam, dari mulai teknik bersih-bersih rumah secara efektif, bikin dance video Tik-Tok, sampai merenovasi kamar kos dengan biaya murah. Pokoknya banyak deh!

Nah, kira-kira begitulah caranya agar brand-mu tetap eksis secara online di tengah pandemi. Sejujurnya, rangkaian acara yang digelar secara online itu punya banyak sekali manfaat loh untuk para penyelenggara acara. Salah satu manfaat yang paling dekat dirasakan adalah terhapusnya biaya akomodasi dan transportasi, karena acara bisa diakses atau diselenggarakan dari tempat masing-masing. Rasanya memang tidak senyata bertatap muka, tentu selalu ada kerinduan untuk ikut acara secara langsung. Namun, saat ini memang lebih baik di rumah dulu saja ….

Related Posts