Pencitraan di Medsos, Imbangi dengan Kenyataan

Media sosial hari ini (30/01) dihebohkan dengan berita terkuaknya akun Instagram @adriansyah_martin yang ternyata memanipulasi foto yang diunggah di akun Instagram pribadinya. Selebgram yang mempunyai lebih dari 42 ribu followers itu tertangkap sudah mengedit foto-fotonya yang diambil dari pemilik akun Instagram @milesmogul.

Namun, @milesmogul menyadari dan merasa tidak senang fotonya diedit, maka dia sengaja membongkar kedok Adriansyah lewat beberapa foto sekaligus. Tidak hanya foto dari @milesmogul, Adriansyah juga tertangkap mengedit foto pemain sepak bola Inggris @reecewabara yang sedang duduk di depan mobil mewah berwarna merah.

 

 

Sebelumnya banyak warganet yang tidak mengetahui bahwa foto yang diunggah Adriansyah Martin merupakan hasil editan, dan banyak juga warganet yang iri dengan foto-foto unggahan Adriansyah. Salah satu foto yang memang bisa bikin iri adalah fotonya yang sedang tidur di salah satu maskapai penerbangan kelas utama. Berikut beberapa cuitan warganet mananggapi foto yang diunggah Adriansyah di akun Instagramnya yang kini sudah ditutup.

 

 

Menurut warganget jika dilihat dari penampilan, Adriansyah memang terlihat berasal dari orang berada. Namun banyak warganet yang menyayangkan tindakan Adriansyah yang mengedit foto eksklusif seseorang dan mengklaim foto tersebut jika hanya untuk mendobrak popularitas.

Media sosial memang membuat para penggunanya akan memberi kesimpulan dari kesan pertama yang dilihat dari seseorang yang belum pernah ditemui, belum pernah melihat secara langsung bahkan baru mendengar dari orang lain. Terlebih lagi media sosial Instagram yang memang digunakan untuk mengunggah foto, di mana ketika kita melihat seseorang memamerkan kemewahan maka kita dengan cepat memikirkan bahwa orang itu sangat kaya. Dalam mempertimbangkan kejadian tersebut, berikut tiga faktor penting yang harus diterapkan ketika sedang menggunakan media sosial:

  1. Berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain
  2. Jadilah diri sendiri, dan jangan membuat image yang ingin dilihat oleh orang lain
  3. Jika mempunyai gambaran ideal seperti yang kamu ingingkan, coba terus berusaha mencapai gambaran ideal tersebut

Segala sesuatu yang digambarkan di dunia maya harusnya juga mencerminkan kehidupan di dunia nyata. Daripada fokus membuat image yang diinginkan untuk dilihat orang lain, lebih baik tetap menjadi diri sendiri dan berusaha mencapai apa yang kita inginkan. Tetap gunakan media sosial dengan bijak!

 

– Dikutip dari berbagai sumber

Related Posts