Pengertian Doxing dan Bahayanya

Jagat Twitter belakangan digegerkan oleh tindakan pengungkapan jati diri seorang selebtwit di kehidupan nyata. Tindakan semacam itu biasa disebut Doxing. Mungkin di sini belum banyak yang mengetahui tentang apa itu Doxing.

 

Secara garis besar, doxing adalah upaya mencari dan menyebarluaskan informasi pribadi seseorang di internet untuk tujuan menyerang dan melemahkan seseorang. Informasi yang disebarkan bersifat privat dan tidak untuk konsumsi publik, sehingga hal ini dapat mengancam keselamatan dan keamanan sang korban.

 

Internet memang memiliki dua sisi yang berseberangan. Satu sisi memudahkan kita dalam segala hal, tapi di sisi lain bisa juga mempermudah seseorang berbuat kejahatan.

Banyak yang ingin eksis di internet sehingga lupa bahwa dia telah membagikan informasi pribadinya ke internet. Banyak juga yang sengaja membuat akun anonim dengan tujuan jahat seperti penipuan, menyebarkan berita kebohongan, atau hoaks.

 

Berikut beberapa cara agar kita terhindar dari perbuatan Doxing ini.

  1. Kurangi menampilkan informasi pribadi di akun-akun media sosial (medsos) kamu, seperti nomor handphone, tag lokasi, dan alamat tempat tinggal ataupun kantor tempat bekerja.
  2. Ajarkan kepada anak-anak kita untuk selalu menjaga hal-hal privat  dalam bermedsos. Jangan pernah memberikan informasi pribadi kepada siapapun di internet.
  3. Jangan pernah menyinggung orang lain bila kita tidak mau hal pribadi kita diusik orang lain. Karena semua     tindakan adalah sebuah proses sebab akibat.
  4. Gunakanlah VPN untuk menyembunyikan IP address asli kamu.

 

Jadi, bijaklah dalam bermedia sosial dan jangan pernah menganggap internet adalah tempat yang aman.