Pengguna Aktif Pokémon Go Lampaui Twitter

Sejak dirilis pada Juli awal kemarin, Pokémon Go, game besutan Niantic Inc: The Pokémon Company, langsung menjadi viral di medsos. Game dengan konsep sederhana namun memiliki fanbase yang luas ini memang sudah ditunggu-tunggu oleh pecintanya dalam rilisan versi smartphone.

Bahkan walaupun belum secara legal rilis di Indonesia (baru tersedia secara resmi di AS, Selandia Baru dan Australia) tidak menyurutkan pecinta Pokémon Indonesia untuk bisa merasakan permainan tersebut. Buktinya, banyak tweet yang bertanya di mana link untuk mengunduh permainan tersebut. Beberapa akun media online bahkan memberikan cara untuk mengunduhnya.

Anak-anak sampai orang dewasa bermain Pokémon Go di jalan-jalan, bisnis lokal mulai menyesuaikan diri dengan kehadiran game ini dan menjadikannya strategi berjualan di media sosial, contohnya adalah apa yang dilakukan oleh Brand sepatu ini.

Kehebohan Pokémon Go masih berlanjut, berita seperti Gokil, Naik Gojek Cuma Buat Main Pokemon-Go atau Gojek dan Museum Nasional Tantang Gamer Berburu Pokemon juga menjadi viral di internet.

Lalu, seberapa besar dampak media sosial yang dibuat oleh Pokémon Go? SimilliarWeb menunjukan bahwa game ini mungkin siap melampaui pengguna aktif harian Twitter (tWTR + 2,20%) di Android.

Sumber: @Forbes
Sumber: @Forbes

Pagi ini Forbes bersama Statista juga merilis kembali data yang menunjukan seberapa massive game Pokémon Go, mereka menyalip aplikasi pesan harian dan media sosial seperti Instagram dalam hal lama waktu penggunaan aplikasi harian.

Sumber: @Forbes
Sumber: @Forbes

Statistik memang terlihat mengejutkan, tetapi bukti anekdot tampaknya harus juga diperhatikan. Seperti yang terlihat belakangan ini, pasti ada satu dari beberapa teman di Facebook atau following di Twitter yang meng-update status tentang Pokémon Go. Coba saja lihat tweet dari @nukman pagi ini, Pokemon Go jelas menjadi trending di Twitter Indonesia selama beberapa hari dengan 1,3 juta tweet.

Google pun bicara demikian, aktifitas pencarian dengan kata kunci Pokemon mulai tinggi. Suggested Keywords yang diberikan Google setelah mengetik Pokemon Go juga mengarahkan pengguna untuk mengunduh game ini.

Screen Shot 2016-07-13 at 9.37.09 AM

Memang harus dilihat apakah Pokémon Go akan bertahan dengan dampak dahsyatnya saat ini atau malah pengguna men-drag icon game ini untuk dihapus. Tetapi Pokémon Go mau tidak mau bisa dikatakan adalah sebuah fenomena sosial dari permainan smartphone yang baru terjadi saat ini. Penulis sendiri sudah mencoba memainkan game ini dan merasa akan dibawa cukup dalam ke permainan.

2016-07-12 09.31.56

Jadi, berminat untuk bergabung dalam permainan untuk melampaui Twitter?

[separator size=”medium” center=”true” empty=”false” opaque=”false” margin_top=”” margin_bottom=””]

Sumber: 1 / 2

Related Posts