Pertolongan Pertama Terkena Phising

Pernah mengalami kasus di mana akun Twitter kita mengetwit sesuatu, padahal kita tidak pernah mengetwitnya? Atau tahu-tahu akun kita sudah follow sejumlah akun, tanpa kita pernah follow mereka? Itu berarti kita sudah jadi korban Phising.

Phising merupakan salah satu jenis Scam lama.  Istilah phising Peng mengacu pada proses memancing suatu akun untuk mengajak pemilik akun login ke situs palsu Penggringan itu pada akhirnya bertujuan untuk mendapatkan username dan password korban. Phising banyak terjadi menyerang akun e-mail, facebook maupun twitter, tapi saya akan bahas versi twitter saja.

Dari pengamatan, Phising di Twitter ada dua jenis:
  • Phising untuk takeover

Phising jenis ini dilakukan oleh Scammer yang berniat mendapatkan username & password korban, lalu mengambil-alih akun tersebut dengan berbagai macam kepentingan.

  • Phising untuk mastermind

Untuk tipe kedua ini, akun Twitter masih akan aman dan bisa login seperti biasa. Namun, akun Twitter akan mentwit  sesuatu yang tak jelas berupa spamming TTWW, spamming iklan, dan sebagainya. Lebih parah  lagi akun Twitter akan mem-follow sendiri, mengirim DM sendiri, menyebar ranjau ke lingkaran teman-teman Anda. Artinya, akun sudah jadi boneka si-Scammers.

Lalu, kok bisa akun terkena Phising?, ini contohnya:
rofl this you on here? http://videos.twitter.secure-logins01.com
Bisa juga seperti ini:
Screen-Shot-2014-11-19-at-9.50.59-AM

 

 

 

 

Biasanya juga teman anda yang terlebih dahulu kena Phising akan mengirim DM sebuah link. Jika link tersebut dibuka, maka akun akan otomatis melakukan hal yang sama dan seterusnya. Kerugian kena Phising banyak, data bisa dicuri, kehilangan follower karena ters Spamming paling fatal dan menyakitkan tuh diBlock dan RAS temen sendiri. Jahat kan?

Nah, Sekarang giliran pertolongan pertama jika terkena Phising. Untuk jenis pertama, harus segera dilakukan.. sebab biasanya akun masih bisa diselamatkan dengan reset password. Kasus ini hanya berlaku jika akun gabisa login padahal passwordnya sudah benar menurut kita.

Kaya gini ya:

Screen-Shot-2014-11-19-at-9.s50.59-AM

1. Klik forgot password dibawah kolom Login
2. Akan masuk ke halaman seperti gambar diatas, lalu masukan username.
3. Twitter akan mencari e-mail untuk dikirim password reset.
4. Twitter akan konfirmasi e-mail dengan username, biasanya akan seperti ini:

Setelah paham seperti bagaimana caranya para Scammer Phising mastermind, kini akan mudah untuk mengatasinya. Jika akun sudah terkena tanda-tanda seperti sebelumnya dijelaskan seperti Spam otomatis maka ikuti langkah berikut.

Langkah pertama login via PC/ Laptop, entah kenapa fitur ini masih gabisa dipake di versi mobile, alias ribet. Terus langsung aja ke Setting:

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Seteleh itu di sebelah kiri ada kolom Sub-setting, pilih Apps. Maka, sebelah kanan akan muncul daftar aplikasi pihak ketiga twitter yang pernah digunakan, langsung Revoke Apps yang gajelas atau semuanya juga boleh.. dengan konsekuensi harus autorisasi ulang setiap aplikasi twittter yang biasa digunakan. Oia, ada baiknya untuk Klik Report Application, untuk membantu orang lain agar tidak terkena Phising tentunya.

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ketiga, biar lebih aman silahkan ganti password akun baru. Sebab ada beberapa aplikasi jenis itu yang kebal via Revoke. Misanya aja aplikasi penambah follower Twiends.

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sudah ya segitu aja, kalau lebih aman lagi silahkan lakukan verifikasi nomor telepon dengan klik Associate your mobile phone pada kolom ganti password.

 

Related Posts