@PNS_Ababil: I Do Sleeping Today But Still Got Paid

 

Kembali hari ini kita memasuki hari Jumat. Dimana PoliTwika akan membahas akun-akun yang membahana di dunia Twitter. Lalu siapakah yang akan kami baha ssekarang? Mungkin akun ini tidak terlalu mewah seperti @radityadika tetapi konten-konten twitnya sangat khas sekali dan memiliki segmen yang sedikit digunakan di dunia Twitter.

Akun tersebut adalah @PNS_Ababil. Akun yang mulai merambah dunia Twitter sejak Februari 2011 dengan follower lebih dari 15.000 ini menjadi salah satu ikon “nyeleneh” PNS I(Pegawai Negeri Sipil) ndonesia. Kenapa kami sebut “nyeleneh” apalagi kalau bukan isi twit-twitnya.

Menurut orang dibalik kesuksesan membahananya @PNS_Ababil. Dia menyebutkan bahwa awal membuat akun ini adalah karena kegelisahan dirinya ketika menjadi PNS.

“Saya adalah PNS yang lagi prihatin waktu itu. Saya tau bahwa banyak hal tidak benar yang dilakukan oleh PNS, bahwa korupsi itu kompleks, bahwa ini bisa diubah. Tapi tidak baanyak yg bisa saya lakukan. Nah, Waktu @PNS_Ababil lahir itu waktu jaman Twitter lagi diisi akun intel penyebar rahasia macemnya benny israel sama trio macan lagi berjaya. Saya pikir mungkin Twitter bisa jadi sarana mencari dukungan, massa, bahkan problem dari institusi lain. Saya mencari wisdom of the crowd, dan saya pikir twitter adalah my best bet. Namun tidak seperti benny or trio, saya kekurangan bahan intelijen. Jadi yang bisa saya lakukan adalah ngelawak dan berparodi.”

Itu adalah alasan yang sederhana. Tidak ada yang berlebihan. Kalau pun kita menengok isi twit-twitnya, reaksi kita akan tertawa getir atau pun terbahak-bahak. Dari nyindir PNS yang sering bolos, korupsi kecil sampai besar atau ngetwit tentang kerjaan PNS yang main Zuma. Semua dibahas oleh @PNS_Ababil.

Ketika kami tanya sepak terjang akun @PNS_Ababil ini ternyata mereka memiliki jalannya sendiri. Dari pengakuannya sendiri, mereka juga pernah merasakan dibully oleh PNS-PNS yang memang begitu adanya.

“Twit kami awal-awal bernada ejekan. Yang follow awal-awal itu masyarakat awam. Mereka ketawa-ketawa dan ikut ngejek PNS. Nah baru deh ga berapa lama para PNS lain nimbrung. Nah kami diserang habis-habisan, dibully, dibilang haters. Sempet sedih juga karena kupikir tujuan kami tidak tercapai. Tapi lama2 pada mengerti. Hehe”

Di akhir wawancara, @PNS_Ababil mengatakan sebuah kalimat mutiara untuk kita semua. Kalimat yang tidak hanya cocok untuk PNS tetapi kita semua. Kalo hidup kamu lagi penuh drama, berbagilah dengan orang lain, supaya kamu tau kalo kamu nggak sendirian. Bener gak para Pe En Es? Hehehe”

Ya begitulah yang berhasil kami gali dari akun @PNS_Ababil. Jika kamu memiliki pengalaman buruk tentang kinerja PNS. Tengoklah isi timeline dia, kalau perlu mention dan ceritakan. Insya Allah, nanti kamu akan mendapatkan wejangan-wejangan yang bagus. Hehehe

Related Posts