Potret Wanita Indonesia di Facebook

Taukah kamu negara apa yang memiliki jumlah pengguna jaringan sosial di internet tertinggi di kawasan Asia Tenggara? Yup, Indonesia! Hal ini dinyatakan oleh Facebook pada laman resmi Facebook IQ yang berisi hasil riset yang dilakukan oleh Facebook tentang penggunanya di seluruh dunia.

Pada bulan September 2015, Facebook telah merilis riset tentang wanita Indonesia di Facebook dengan judul “Facebook IQ Source: “Women Moments in Life Study””. Riset ini mengupas tentang aktivitas Facebook yang dilakukan wanita Indonesia di tiap tahap kehidupannya dalam rentang usia 18-45 tahun, mulai dari tahap menjadi seorang pekerja muda hingga menjadi ibu rumah tangga. Berikut ini adalah hasil survey tersebut:

  1. Saat menjadi pekerja atau profesional muda
    Asian-women_Pic-3
    Wanita produktif yang bekerja menggunakan Facebook sebagai jembatan untuk menghubungkan kehidupan sosialnya dan pekerjaannya. Facebook digunakan oleh mereka sebagai tempat untuk saling berkomunikasi dengan teman-temannya, 52% dari mereka pun meng-add kolega yang baru mereka kenal di Facebook. Disamping itu, 47% dari mereka juga mencari tahu tentang fashion terbaru di Facebook. Selain itu, 34% para pekerja muda wanita ini membagikan hal seputar pekerjaan yang ia geluti serta lowongan pekerjaan terbaru. Di tahap ini, wanita biasanya aktif mengakses Facebook pada pagi hari ketika telah siap berangkat bekerja dan malam hari sebelum tidur.
  2. Saat menjadi Pengantin Baru
    8299510250_21c14dc461_bMenjadi pengantin baru bukanlah alasan untuk berhenti aktif di Facebook. Ketika wanita memasuki tahap menjadi pengantin baru, Facebook mulai berubah fungsi. Facebook tidak lagi digunakan untuk membangun komunikasi dengan teman maupun kolega. 71% dari mereka menggunakan Facebook sebagai alat untuk membantu persiapan pernikahan mereka. Bukan lagi fashion terbaru lagi yang mereka gali di Facebook, melainkan artikel dan nasehat yang berguna untuk kehidupan rumah tangganya kelak.
  3. Saat menjadi Ibu untuk pertama kalinya
    Asian-Baby-and-mom-resizedBagi mereka, Facebook adalah tempat yang tepat untuk berbagi segala hal tentang anak mereka. 57% ibu muda ini akan mengunggah semua foto yang berkaitan dengan anak mereka. Mereka juga membagikan tautan artikel yang mendidik tentang tumbuh kembang anak. 89% ibu muda ini akan mengikuti grup Facebook untuk belajar dan berbagi pengalaman mengurus anak.
  4. Saat menjadi Ibu yang telah berpengalaman
    reading-to-kid-asian-croppedKetika telah mencapai tahap ini, mereka akan lebih sering mengunggah foto tentang kegiatan keluarga yang dilakukan bersama-sama. Mereka juga akan lebih sering membagikan tautan artikel yang berhubungan tentang kesehatan. Dan 54% dari mereka akan mulai meninggalkan Facebook untuk mengurus pendidikan anak-anak mereka di masa depan.

Jadi, saat ini kamu sedang ada di tahap yang mana? 🙂

Related Posts