Reaksi Netizen Atas Insiden Paris

AB0A5084-5

Insiden Paris nampaknya masih menyisakan luka hingga sekarang. Tragedi yang memakan banyak korban jiwa ini segera menyebar ke segala penjuru dunia. Ada banyak respon di berbagai media, baik cetak atau non-cetak. Media sosial pun juga ikut ambil bagian dalam merespon insiden penyerangan Paris ini. Ada banyak respon dari pembuatan video sampai munculnya berbagai hashtag.

Berikut adalah respon-respon yang hadir di media sosial terkait insiden di Paris:

  • Ungkapan Berduka Melalui Hashtag

Ada beberapa hashtag muncul di Twitter. Seperti #PrayForParis, #Pray4Paris dan #ParisAttacking. Kemunculan hashtag ini adalah hal yang lumrah sebagai respon ikut berdukanya para netizen.

  • Bendera Prancis di Profil Facebook

Ketika LGBT telah menjadi legal di Amerika, Facebook merespon dengan adanya fitur pelangi pada foto profile sebagai bentuk dukungan. Kali ini foto bendera Prancis juga menjadi fitur di Facebook. Hebatnya, dalam 24 jam, kurang lebih 1 milyar pengguna Facebook menggunakannya.

  • Sistem Security Check di Facebook

Banyaknya korban jiwa dan mencari orang ketika insiden ini di Paris, membuat Facebook mengeluarkan sistem ini. Jika kamu berada di sebuah bencana dan ingin membuat orang-orang tahu kalau kamu baik-baik saja. Kamu bisa memberitahu mereka melalui Facebook dengan sistem ini.

  • Munculnya Hashtag #OpenDoor

Selain hashtag turut berduka atas kejadian di Paris. Muncul hashtag #OpenDoor. Hastahg ini bertujuan untuk membantu orang-orang, khususnya turis yang takut menginap di hotel. Penduduk di Paris menyediakan tempat untuk mereka yang berada di kondisi ini.

  • Beredarnya Banyak Hoax

Tentu banyak pihak yang mencari keuntungan dalam sebuah musibah dengan sebuah berita Hoax. Salah satunya adalah serangan balik terhadap penampungan imigran di Calais Jungle. Menurut Buzzfeed, pembakaran yang terjadi di sana bukan terjadi kali ini saja.

  • Banyaknya Teori Konspirasi

Tidak usah kita mencari-cari keluar sana. Banyak orang-orang di Indonesia yang mengeluarkan teori konspirasi terhadap insiden ini. Salah satunya adalah dari akun berinisial HA yang mengatakan bahwa sutradara insiden ini sama dengan tragedi pemojokan umat Islam.

Itulah 6 rangkuman respon netizen yang kami kumpulkan. Tentunya media sosial bisa menjadi bermanfaat jika kita menggunakannya dengan baik, seperti hashtag #OpenDoor dan Security Check Facebook. Tetapi media sosial bisa menjadi tidak bermanfaat jika hanya untuk menyebarkan berita Hoax apalagi konspirasi yang belum tentu ada benarnya.

Related Posts