Rekomendasi Kanal Dakwah YouTube Untuk Dinikmati Selama Ramadan

Teknologi membawa perubahan dalam segala aspek, tidak terkecuali soal agama. Dulu, mungkin tak pernah terbayang bahwa kita akan mengaji bersama lewat Zoom Meeting, atau sekolah minggu lewat Google Meet. Kini, terlebih dengan situasi yang sangat tak memungkinkan untuk setiap orang bertatap muka, atau berkerumun, teknologi telah menjadi penyelamat kita dalam mendengarkan dakwah atau tetap belajar agama dengan nyaman dan menyenangkan. Agama apapun!

Nah, bulan Ramadan kayak gini … saatnya berbenah diri, menyucikan hati, dan mendalami kembali ajaran agama yang kita anut. Enggak perlu ada malunya untuk selalu belajar dan belajar lagi soal agama, terlebih untuk netizen yang usianya masih muda-muda.

YouTube telah menjadi salah satu sarana dakwah yang sangat menyegarkan, tampilan dakwah di YouTube saat ini sangat mudah diterima dan dipahami oleh banyak orang. Enggak jarang, beberapa pendakwah atau penceramah pun menyisipkan unsur-unsur komedi dalam channel mereka. Dari pada kelamaan, langsung aja kita simak satu per satu rekomendasi channel YouTube dari saya!

Pemuda Tersesat

Mulanya Pemuda Tersesat merupakan sebuah segmen dalam channel MLI (Majelis Lucu Indonesia) dan Jeda Nulis milik Habib Husein Ja’far. Acara ini sangat cocok untuk “pemuda tersesat” yang tersesat beneran, alias anak-anak muda yang kepo soal Islam dengan ratusan bahkan ribuan pertanyaan yang (kadang) enggak bisa dinalar. Kini, pada April 2021 lalu, Pemuda Tersesat pun telah memiliki channel YouTube sendiri dan sudah memiliki 416.000 subscribers.

Ditanya 'Hukum Bernapas di Samping Orang Meninggal', Habib Husein Ja'far  Beri Jawaban Menohok - Halaman 2 - TribunStyle.com
Sumber Gambar: YouTube Jeda Nulis

Pertanyaan seputar agama dalam kanal ini (kebanyakan) absurd, seperti yang ikonis dan sempat viral ini di kancah Twitter, “Bib, mau nanya. Kalo kita sengaja bernafas di pinggir orang meninggal, apakah itu termasuk sifat sombong?”

Siapa yang pernah menyangka atau terpikirkan akan pertanyaan absurd nan cerdas seperti itu? Jawabannya, ya Pemuda Tersesat. Cerdas, ya, karena malu bertanya itu akan tersesat di jalan, sudah tersesat jadi pemuda jangan sampai tersesat juga di jalan. Pokoknya konten ini sangat cocok untuk pemuda yang tak suka cara kaku dalam mempelajari agama, langsung aja di subscribe.

Cahaya Untuk Indonesia

Channel yang baru berumur empat bulan ini, masih dibawakan oleh Habib Husein Ja’far. Bedanya, kanal yang satu ini kerap mengundang pendakwah atau tokoh publik lainnya untuk bersama mengkaji, dan menyajikan konten keagamaan kepada para pemirsa. Pendakwah dan toko publik yang pernah datang, seperti Habib Jindan bin Novel, Ali Zainal, Ustaz Zacky Mirza, hingga Deddy Corbuzier.

Habib Husein Ja'far Diskusi sama Sabrang Soal OVERTHINKING dan MASALAH  HIDUP - YouTube
Sumber Gambar: YouTube Cahaya Untuk Indonesia

Pastinya, apapun kanalnya … kalau ada Habib Husein Ja’far memang selalu sederhana dan mudah dipahami ya kontennya. Habiskan waktu ngabuburit kamu sesekali tanpa ikut beli gorengan, tapi tonton YouTube Cahya Untuk Indonesia juga gapapa banget loh.

Najwa Shihab – Shihab & Shihab

Siapa yang enggak tahu Najwa Shihab dan Abi Quraish Shihab? Sang anak menjadi seorang jurnalis ternama yang dikenal dengan pertanyaan serta pernyataannya yang tajam, sementara abinya adalah ulama dan guru besar dalam bidang tafsir Al-Quran. Tentunya, kedua tokoh ini memberikan tayangan konten yang sangat mendidik, terpercaya, dan begitu teduh untuk didengarkan.

Inikah Tanggapan Najwa Shihab Terhadap Arteria Dahlan? Halaman all -  Kompasiana.com
Sumber Gambar: YouTube Najwa Shihab

Dalam kontennya Shihab & Shihab juga kerap mengundang beberapa tokoh publik, seperti Ridwan Kamil, Meutya Hafid, Gus Mus, Gus Baha, dan lain-lain. Apabila kamu salah satu pemirsa yang gemar mencari tontonan teduh, dan mendengarkan guru besar mendakwah, ini channel favorit dari saya.

Nussa Official

Gak hanya anak-anak yang membutuhkan tontonan berupa siraman rohani, terlebih anak-anak usia balita atau usia sekolah dasar yang sedang berada dalam masa emas pertumbuhan. Mereka akan lebih mudah menyerap ilmu-ilmu, dan keingintahuan begitu tinggi, apalagi bila kita bisa mengajak mereka untuk belajar dengan cara yang menyenangkan.

NUSSA : JAGA AMANAH - PART 1 - YouTube
Sumber Gambar: YouTube Nussa Official

Nussa Official ini salah satu channel YouTube kartun karya animasi kepunyaan Indonesia. Kehadiran kisah Nussa dan Rara (adiknya), merupakan sajian yang diberikan oleh para kreator untuk menjawab keresahan para orang tua yang khawatir bila anak-anaknya kekurangan tontonan atau edukasi tentang kebaikan-kebaikan dalam Islam.

Nilai-nilai kebaikan Islam yang diselipkan sangat sederhana, dengan animasi yang menarik untuk ditonton, seperti nilai tentang kejujuran, senyum itu sedekah, atau adab saat menguap.

Syekh Ali Jaber

Seluruh umat Islam di Indonesia tak mungkin tak mengenal Syekh yang satu ini, Syekh Ali Jaber. Syekh yang telah berpulang ke Rahmatullah pada 14 Januari 2021 lalu. Kehadirannya begitu dirindukan seluruh masyarakat muslim, bahkan juga non-muslim. Sosok yang begitu teduh saat menyampaikan kajian, dengan pancaran kedamaian yang selalu melekat kuat, membuatnya kehadirannya begitu dirasakan.

67. SURAT AL MULK (KERAJAAN) - MUROTTAL QURAN SYEKH ALI JABER - YouTube
Sumber Gambar: YouTube Syekh Ali Jaber

Kajian dan tilawah Al-Quran dari Syekh Ali Jaber masih tetap dapat dinikmati di kanal YouTube-nya, hingga 3 hari lalu pun channel-nya masih terus-menerus mengunggah video kajian serta tilawah. Kerinduan pada Syekh Ali Jaber, serta nilai-nilai keislaman yang memperdalam ilmumu serta membuka pintu pahalamu, dapat kamu temukan dalam channel beliau.

Nah, sekian dari saya mengenai beberapa kanal YouTube yang bisa menemanimu ngabuburit atau membantumu meningkatkan nilai-nilai kerohanian. Jangan lupa ditonton dan subscribe ya!

Related Posts