@ScreenSaversID: Medsos Menyatukan Pecinta Film

Kalau kita ingin mencari referensi tentang film di zaman sekarang bisa melihat banyak akun di media sosial. Dari yang membahas dengan cara unik, santai hingga “nyeleneh” pun ada. Dulu kita pernah membahas sisi terang dan kelam akun film bernama @CenayangFilm. Kali ini pun kami akan membahas salah satu akun film yang ngehits di timeline Twitter.

Nama akun tersebut adalah @ScreenSaversID yang bisa dibilang adalah “sohib” dari @CenayangFilm. Atri, Shani, Regi dan Jaka adalah orang dibalik akun ini. Mereka berasal dari latar belakang yang berbeda tetapi memiliki ketertarikan yang sama terhadap dunia film. Lantas, kenapa mereka memilih nama @ScreenSaversID?

Tidak ada :)) Asal usul nama kami diberikan oleh usulan teman-teman saat pertama kali kami berniat membuat podcast film, akhirnya nama ‘ScreenSavers’ usulan dari Wirana (@wsyld) kami pilih karena simple dan catchy,” ujar mereka melalui surel.

Bagi @ScreenSaversID, media sosial adalah media yang memiliki keefektifan yang luar biasa dalam mempromosikan film. Hal ini diperoleh dari dampak “word of mouth” yang menyebabkan lebih mudah tersebar. Media sosial juga mampu mempertemukan pecinta film dari berbagai belahan Indonesia maupun dunia.

Media sosial juga memberikan pengamalan unik bagi @ScreenSaversID. Salah satu pengalaman unik menurut penuturan mereka adalah ketika membahas film Azrax bersama @CenayangFilm.  “Ada pengalaman lucu saat film Azrax tayang tahun 2013 lalu. Waktu itu filmnya memang sedang heboh di internet dan kita (bareng @CenayangFilm juga) ikutan “ngebuzz” filmnya walaupun emang ga diminta. Awalnya sebagai becandaan aja sih, tapi waktu Azrax turun dari bioskop setelah 3 hari tayang, kita masih tetap heboh ngomongin filmnya di timeline (karena filmnya memang lucu secara unintentional),” urai mereka.

“Setelah itu banyak followers yang ga sempet nonton dan makin penasaran. Nah karena heboh di timeline itu lah akhirnya Azrax jadi tayang lagi untuk beberapa minggu. Dari sana kita sadar kalau kekuatan media sosial dan word of mouth itu sangat besar, bisa mempengaruhi tayang atau tidaknya suatu film walaupun memang sempat turun dari bioskop,” ujar mereka.

Apa yang membedakan antara @ScreenSaversID dengan akun-akun film lainnya? Menurut penuturan mereka, @ScreenSaversID memiliki ciri khas tersendiri dalam merangkul followersnya. Mereka memposisikan dirinya sebgai sesama pecinta film sehingga menciptakan hal yang seru dan bisa dinikmati bersama.

Ke depannya ada target tersendiri bagi @ScreenSaversID yaitu ingin rutin membuat konten jika tidak ada kesibukan masing-masing personel. Apalagi proyek @ScreenSaversID hanya didasari hanya hobi. Terakhir @ScreenSaversID berpesan dua hal kepada netizen, yaitu “Jangan suka berantem di kolom komen” dan “ Jangan lupa untuk search dulu di Google sebelum bertanya.”

Related Posts