Seberapa Bahagia Pengguna Facebook?

fb

Siapa diantara teman-teman yang mempunyai akun Facebook? Sepertinya hampir semua diantara kita mempunyai akun Facebook. Lantas, seberapa sering sih teman-teman mengakses akun Facebook masing-masing?

Nah, ada sebuah penelitian unik yang dilakukan oleh Happiness Research Institute mengenai pengguna Facebook. Sesuai namanya, mereka melakukan riset untuk mengukur bagaimana dampak seseorang yang menggunakan Facebook dengan tingkat kebahagiaannya. Hasilnya cukup mengejutkan lho!

Penelitian yang melibatkan 1.095 pengguna Facebook ini, 94% diantaranya mengakses Facebook sebagai rutinitas hariannya. Kemudian para responden tersebut dibagi menjadi dua kelompok.

Kelompok pertama diminta untuk berhenti mengakses Facebook selama satu minggu, sedangkan kelompok kedua diminta mengakses Facebook seperti biasa. Setelah satu minggu, apa yang terjadi pada kedua kelompok tersebut?

Para peneliti dari Happiness Research Institute menemukan bahwa 88% dari kelompok pertama yang diminta berhenti mengakses Facebook selama satu minggu merasa bahagia, lebih banyak bila dibanding kelompok kedua yang tetap menggunakan Facebook seperti biasa hanya 81% yang merasa bahagia.

Tak hanya itu, para peneliti juga menemukan bahwa kelompok pertama merasa lebih menikmati kehidupannya, lebih bisa mengendalikan amarah, dan lebih antusias dibandingkan kelompok ke dua. Hanya 41% dari kelompok pertama yang merasa cemas, sedangkan kelompok kedua 54% yang merasa cemas.

Selain itu, pengguna Facebook dari kelompok pertama juga menyatakan bawa mereka lebih mudah berkonsentrasi pada suatu hal. Namun, para peneliti juga menegaskan hasil penelitian tersebut tidak membuktikan adanya hubungan kausal. Diperlukan penelitian lebih dalam untuk memastikannya.

Jadi, bagaimana menurut teman-teman? Sepakat dengan hasil riset Happiness Research Institute? 🙂

Related Posts