Siapakah Pewaris Akun Facebook-mu?

legacy_contact_timeline.jpg.CROP.promo-mediumlarge

Apa ya kabar terbaru dari Facebook? Hmm. Sudah lama ya gak dengar gebrakan baru dari media sosial yang digawangi oleh Mark Zuckerberg ini. Tapi baru-baru ini, media sosial tersebut telah membuat inovasi yang belum pernah dibuat oleh media sosial lainnya. Apakah itu?

Pernahkah terpikir oleh kalian sebelumnya untuk mewariskan segala aset digital yang berada pada media sosial anda? Mungkin lima sampai sepuluh tahun yang lalu, ketika seseorang membuat surat wasiat hal-hal tersebut belum sama sekali terpikirkan. Hal ini yang lantas terpikirkan oleh Natalie Darcy, seorang praktisi hukum warisan dari Australia. Isu ini sangat menarik, mungkin sebagian orang menghendaki aset digital pada media sosialnya dibiarkan begitu saja namun tak sedikit orang yang menginginkan aset tersebut ditutup untuk selamanya.

Hal inilah yang menjadi dasar Facebook melakukan inovasi terbarunya, kini tak cuma harta yang dapat diwariskan namun akun Facebook juga bisa! Raksasa jejaring sosial ini kini memberikan fitur khusus dalam pengaturan akunnya saat mereka meninggal dunia nanti. Menurut Mashable fitur yang diberi nama “Legacy Contact” telah dibuat untuk menunjuk atau menandai seseorang secara spesifik untuk mengelola akunnya setelah kita meninggal dunia. Namun ada juga pilihan untuk menghapus akun untuk selamanya jika seseorang telah meninggal dunia. Tinggal bagaimana keinginan kita, semua dapat diakomodir di sana.

Untuk menjaga privasi, hak waris tetap tidak diperbolehkan untuk melihat pesan pribadi sang pemilik akun sebelumnya, namun sang pewaris dapat merespon permintaan pertemanan dan mengatur profil pengguna seperti profile picture dan cover photos. Dan Facebook akan memberi label “Remembering” di atas nama pemilik akun yang telah meninggal dunia.

Manajer Produk Facebook, Vanessa Callison-Burch mengatakan, biasanya seseoranh tidak akan terpikirkan sampai sejauh ini kecuali mereka pernah merasakan kehilangan orang terdekatnya.

Namun amat disayangkan, hingga kini, fitur Legacy Contact baru dapat dimanfaatkan oleh pengguna di Amerika Serikat. Padahal ini merupakan terobosan baru yang sangat dibutuhkan oleh pengguna Facebook di seluruh belahan dunia. Semoga kita dapat menggunakan fitur ini secepatnya, lalu siapakah pewaris akun Facebook-mu?

Related Posts