Sudahkah Wanita Memanfaatkan Internet?

SUDAHKAH

Kehadiran internet saat ini membawa banyak manfaat bagi semua orang, baik laki-laki maupun wanita. Namun seperti apa wanita memanfaatkan internet untuk memberdayakan dirinya, khususnya wanita Indonesia.

Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil riset LPPM/LSPR dan ICT Watch yang bekerja sama dengan WWW Foundation, total pengguna internet Indonesia mencapai 36%. 50% laki-laki menggunakan internet. Sedangkan hanya 31% wanita yang menggunakan internet.

Riset tersebut dilakukan kepada 7.500 wanita dan 2.500 laki-laki di kalangan masyarakat miskin perkotaan di 10 kota yang tersebar di Afrika, Asia dan Amerika Latin. Secara umum, dari hasil riset tersebut diketahui terjadi gap yang cukup besar diantara laki-laki dan wanita, hanya 37% wanita yang mengakses internet sedangkan laki-laki sebanyak 59%.

Ada beberapa hambatan yang menyebabkan tingkat penggunaan internet pada wanita lebih rendah daripada laki-laki, antara lain infrastruktur, waktu, perangkat untuk mengakses, biaya, dan lain sebagainya. Selain itu, mirisnya, di beberapa negara masih ada anggapan internet tanya bleh digunakan laki-laki, wanita tidak boleh. Enggak adil yah. 🙁

Masih menurut sumber data yang sama, wanita yang aktif dalam suatu komunitas memiliki peluang 3kali lebih mungkin untuk mengakses internet secara terus menerus. Mereka akan cenderung sering untuk menghadiri pertemuan suatu komunitas, menandatangani petisi online dan sebagainya.

Hanya 20% wanita yang memanfaatkan internet untuk mencari tahu informasi penting seperti hak-hak hukum, kesehatan, hak reproduksi dan sebagainya. Tak hanya itu, meski 62% wanita menilai website sebagai tempat untuk mengomentari isu-isu penting, tapi tidak banyak wanita yang berani untuk berkomentar di internet. Massif banian wanita yang takut akan bernasib seperti Prita, Florencia dan lainnya jika terlalu vokal berbicara di internet.

Dalam hal mencari pekerjaan secara online, wanita juga tidak terlalu banyak memanfaatkan internet untuk mendapatkan pekerja, hanya sekitar 25% saja. Padahal, wanita yang sering menggunakan internet memiliki peluang 3kali lebih mungkin meningkatkan pendapatnya.

Di Indonesia sendiri, sudah semakin banyak wanita yang memanfaatkan keberadaan internet untuk meningkatkan pendapatnya, misalnya dengan menjamurnya online shop di Indonesia. Namun untuk kepentingan lain seperti pencarian informasi dan sebagainya wanita Indonesia masih belum maksimal dalam memanfaatkan internet.

Ayo girls, manfaatkan internet semaksimal mungkin! ?

Related Posts