Terbang di Mana Saja Bersama @Junanto

Junan

#TamuKita kali ini, kami coba hadirkan bukan seseorang yang terkenal di Twitter. Dia memang memiliki akun Twitter dan di sana interaksi dia sangat baik. Tetapi kalau sudah memasuki dunia Instagram, orang ini sudah terkenal. Bahkan salah satu Celebgram/Instagrammer dari Indonesia. Dia memiliki ciri khas postingan levitasi/terbang/melayang.

#TamuKita bernama Junanto, lengkapnya Junanto Herdiawan (@Junanto & @JunantoHerdiawan). Sebenarnya dia adalah pekerja di Bank Indonesia. Tapi di samping kesibukannya di sana, mas Junanto suka sekali menulis dan travelling. Buku-buku yang dia tulis juga berkaitan dengan dunia “jalan-jalan” seperti Shocking Japan dan Flying Traveller.

Flying Traveller adalah julukan dia yang berasal dari postingan Instagramnya. Kenapa beliau memilih jenis foto levitasi ini?

“Awalnya hanya sekedar menyimpan dan berbagi. Sejak saya mulai berpose levitasi, saya berpikir mau dishare di media apa ya. Akhirnya saya memilih instagram karena memang esensinya adalah foto. Sejak itu, saya mulai rutin posting di Instagram. Tujuannya ya sekedar agar foto2 saya terarsip baik dan tidak hilang. Yah syukur2 kalau ada yang suka.”

Bagi mas Junanto, ketenaran dia sekarang di Instagram tidak pernah terpikirkan. Dia hanya ingin terus berbagi postingan. Efeknya, mas Junanto seringkali diundang untuk mengisi acara tentang foto-foto levitasi. Mas Junanto juga berbagi tips kepada kita jika ingin membuat sebuah foto levitasi.

“Sebenarnya tidak terlalu banyak yang dibutuhkan. Cukup kamera, bisa juga kamera dari gadget, dan kondisi fisik. Kalau belum pernah melakukan levitasi saya sarankan untuk berlatih dulu beberapa kali, karena levitasi membutuhkan kebiasaan agar hasilnya berbeda dengan foto loncat (jumpshot).”

Pelajaran lainnya yang bisa dari mas Junanto adalah bagaimana memanfaatkan Twitter dan Instagram. Terlihat jika kita menghampiri akun Twitter-nya yang jarang sekali membahas tentang foto-foto. Semua karya foto-fotonya dia tumpahkan di Instagram, hingga dia menjadi seperti sekarang. Terkenal dengan karyanya yang khas.

“Ya karena menurut saya audiencenya berbeda. Kita bergabung ke twitter umumnya untuk melihat atau mencari informasi teks yang bermanfaat. Sementara kalau instagram lebih ke foto-foto.”

Ke depannya, mas Junanto akan tetap terus berkarya. Dia ingin banyak orang terinspirasi dari dia. Karena media sosial memberikan banyak peluang untuk mengembangkan diri. Semoga mas Junanto menginspirasi kamu untuk ikut berkarya di Instagram. Terutama bagi kamu yang memiliki hobi foto-foto.

Related Posts