Tips Memantau Anak Mengakses Medsos

Baru-baru ini masyarakat dikejutkan dan ramai membicarakan aplikasi berkirim pesan WhatsApp dengan munculnya konten pornografi di aplikasi tersebut melalui fitur GIF. Apa itu GIF? Kalian bisa mencari tahunya di sini.

Fitur yang mudah diakses tersebut membuat masyarakat khawatir jika digunakan oleh anak di bawah umur. Terlebih begitu mudahnya anak di bawah umur mengakses media sosial (medsos) sekarang ini.

Salah satu cara mengantisipasi hal ini adalah dengan menerapkan batas usia ideal untuk mengakses medsos.

Beberapa medsos yang banyak digunakan sekarang ini seperti Facebook dan Instagram, termasuk aplikasi berkirim pesan WhatsApp sebenarnya sudah membuat aturan batasan umur untuk dapat membuat akun, yaitu usia 13 tahun.

Pusat bantuan Facebook

 

Pusat bantuan Instagram

 

Informasi Legal WhatsApp

Namun, saat ini anak usia 10 tahun pun sudah memiliki akun media sosial dengan cara memalsukan identitas usia mereka ketika membuat akun medsos.

Sebagai orang tua, kita tidak bisa menghalangi hal tersebut. Karena zaman sekarang ini medsos memang memiliki peranan yang penting, salah satunya sebagai pusat informasi.

Untuk mengatasi hal tersebut, peran orang tua sangat diperlukan untuk mengawasi penggunaan medsos pada anak. Hal yang bisa dilakukan oleh orangtua, di antaranya:

– Mencoba untuk mengatur profil medsos bersama anak.
– Pantau segala informasi pribadi yang mereka unggah di medsos.
– Ketahui kata sandi akun medsos mereka.
– Lakukan pengecekan konten yang mereka unggah di medsos secara berkala.

Intinya, jadilah teman baik untuk anak-anak di medsos, bukan orang tua yang menyeramkan. Terakhir, gunakan medsos dengan bijak.

Related Posts