Tips Mencegah Cyberbullying

Cyberbullying mungkin belum menjadi istilah yang populer di Indonesia. Meskipun kejadian Cyberbullying sering terjadi di Indonesia. Di luar negeri saja, sudah banyak kasus-kasus Cyberbullying dan dari kasus tersebut ada yang berujung kematian. Cyberbullying sendiri adalah kegiatan mengintimidasi dan mengucilkan di Internet dengan berbagai cara. Dari hal tersebut terdapat beberapa cara untuk mencegah Cyberbullying di kehidupan kita dan netizen Indonesia wajib mengetahui cara-cara ini

Apa saja cara-cara mencegah Cyberbullying di media sosial? Berikut cara-caranya:

  1. Memberikan edukasi tentang internet kepada anak anda

Di zaman sekarang anak-anak dari usia dini sudah mengenal internet. Orang tua perlunya memberikan edukasi tentang menggunakan internet yang baik agar anak anda terhindar dari Cyberbullying.

  1. Melakukan pengawasan kepada anak anda

Setelah anda memberikan edukasi, lakukan pengawasan. Berikan peraturan-peraturan dan konsekuensi jika anak anda melanggar. Sehingga anak anda terhindar dari Cyberbullying.

  1. Memperhatikan postingan di sosial media

Banyak kasus-kasus Cyberbullying dikarenakan postingan yang tidak baik. Seperti kasus Florence Sihombing yang menghina Yogyakarta di Path, dia mendapatkan bullying dari netizen Indonesia. Jadi, anda harus memperhatikan postingan anda di media sosial apapun.

  1. Simpan data pribadi di tempat yang aman

Simpan data pribadi anda yang tidak perlu untuk diumbar di dunia maya. Anda tidak ingin seperti Syahrini, bukan? Dimana setiap postingan foto dia menjadi bahan candaan dan bullying di internet. Maka dari itu, simpan data yang tidak pantas diposting di media sosial.

Related Posts