Tips Tanpa Pusing Dampingi Anak Belajar dari Rumah

Saat ini pandemi masih berlangsung dan banyak sekali aktivitas yang kita lakukan dari dalam rumah, karena ruang gerak kita dibatasi untuk menghindari penyebaran Covid-19. Sekolah dari rumah adalah salah satu kegiatan primer yang harus tetap berjalan dengan efektif demi pendidikan anak-anak.

Politwika telah merangkum tips untuk mendampingi school from home agar tetap efektif dan menyenangkan. Oh iya, artikel ini enggak hanya untuk para orang tua loh, kamu yang masih punya adik kecil di rumah juga masih bisa menerapkannya. Selamat membaca!

Ingin Belajar di Rumah Lebih Optimal? Ini 6 Tips bagi Siswa Halaman all -  Kompas.com

Sumber Gambar: Kompas

1. Suasana Belajar yang Nyaman

Hal pertama yang harus diperhatikan dari proses belajar dari rumah adalah suasana. Suasana rumah yang kini jadi tempat multifungsi, harus tetap terasa nyaman untuk digunakan belajar. Hindari suara-suara bising, seperti televisi, atau percakapan yang lantang saat anak sedang belajar.

Suasana positif juga harus dibangun untuk menghadirkan semangat belajar, dampingi mereka saat belajar daring berlangsung, dan bantu anak-anak mengerjakan tugas dari sekolah ataupun belajar secara mandiri.

2. Buat Jadwal Harian

Jadwal harian dapat membantu para orang tua untuk menetapkan rutinitas yang efisien dan efektif. Rancang jadwal anak dalam sehari dan sepakati dengan anak ataupun pasangan. Jadwal ini adalah rutinitas harian yang dilakukan sejak pagi hingga malam hari, namun buatlah jadwal yang fleksibel jika menemukan perubahan pada kondisi anak. Misalnya saja saat anak tidak ingin belajar di sore hari, orang tua dapat mengganti jadwalnya menjadi malam.

Atur juga durasi belajar dalam jadwal, sebab beberapa anak mudah merasa bosan saat belajar di rumah. Idealnya belajar bisa dilakukan 3 – 4 jam sehari, tapi jika anak tidak sanggup melakukannya, orang tua bisa membuat selingan aktivitas yang disukai anak. Break itu penting loh, bund! Hehe.

Begini, Strategi Menghadapi Anak Belajar di Rumah | Sahabat Keluarga

Sumber Gambar: Kemdikbud

3. Ayah dan Ibu, Bagi-bagi Tugas!

Kerja sama dengan pasangan sangat penting untuk proses belajar dari rumah, untuk itu orang tua dapat membagi tugas agar bisa saling terlibat. Ibu dan ayah mungkin memiliki kesibukan masing-masing dengan jadwal yang berbeda-beda, maka mendampingi anak saat belajar pun bisa dilakukan secara bergantian.

Oh iya, jangan lupa dicocokkan dengan jadwal harian pada poin sebelumnya!

4. Alokasi Dana Kuota Internet

Kebutuhan utama untuk belajar daring adalah kuota internet, artinya orang tua harus mempersiapkan dana untuk membeli kuota internet. Jika ibu dan ayah juga menerapkan work from home, memiliki jaringan Wi-Fi pribadi di rumah tentu sangat patut dipertimbangkan.

5. Gunakan Materi Belajar dari Situs Pendidikan Resmi

Tidak perlu khawatir akan kehabisan bahan pembelajaran, karena pemerintah melalui Kemendikbud telah bekerja sama dengan beberapa situs pendidikan resmi, yang kredibel dan bahkan mendukung pembelajaran daring secara gratis selama pandemi.

Situs-situs tersebut menyediakan beragam materi dari jenjang PAUD hingga SMA/SMK, yang dapat diakses dari aplikasi ataupun situs resminya. Situs-situs itu, antara lain: RuangGuru, Quipper School, dan Rumah Belajar.

6. Tetap Disiplin di Rumah

Parents, tetap dapat menerapkan kedisiplinan meskipun belajar dari rumah. Anak-anak bisa diberi konsekuensi yang telah disepakati bersama sebelumnya, bila melanggar aturan. Pemberlakuan aturan main bisa membuat kegiatan belajar terjaga, dan menghindari anak-anak menjadi kebablasan bermain game atau media sosial.

7. Komunikasi dengan Guru

Berkomunikasi dengan guru sangat penting untuk membuat jadwal belajar jadi efektif, mengetahui pencapaian dalam belajar, dan target dari pembelajaran di rumah. Orang tua juga bisa bertukar pikiran jika menemukan kesulitan saat mengajar.

Namun, jangan sampai terlalu bawel dan menganggu guru-guru, karena meskipun tidak bertemu secara langsung, guru-guru juga tengah memantau anak-anak murid lainnya loh, bund.

SMP 1 Salatiga Permudah Siswa Belajar Daring – Suara Merdeka News

Sumber Gambar: Suara Merdeka News

8. Belajar dengan Free Printables atau Home Learning Kit

Ternyata banyak printable activities yang seru banget untuk bikin belajar dari rumah semakin asyik! Dilansir dari ibupedia(dot)com, ada Indonesia Montessori dan Grace Melia yang menyediakan aktivitas-aktivitas seru bersama anak secara gratis.

Sumber Gambar: Grace Melia

9. Hindari Stres, #RekreasiDariRumah dengan Anak!

Berkutat dengan hal yang sama sangat bisa membuat orang tua menjadi stres, karena selalu mendampingi anak-anak belajar setiap hari, di rumah saja. Tetaplah berkreasi meskipun hanya di rumah, lakukan kegiatan-kegiatan “rekreasi” pada waktu senggang, atau saat kamu benar-benar merasa penat. Misalnya, bisa dengan piknik bersama di halaman rumah, membuat kerajinan tie dye, atau melakukan TikTok dance challenge.

Kebersamaan yang menyenangkan bisa melibatkan seluruh anggota keluarga, yang juga memperkuat komunikasi terhadap anak, dan aktivitasnya dapat melatih motorik mereka.

Related Posts