Tips-tips Menghindari Penipuan di Twitter

Twitter telah menjadi media sosial yang digandrungi masyarakat Indonesia. Makin banyak orang yang mulai memiliki akun Twitter. Tetapi dibalik itu semua, apakah semua orang menyadari Twitter telah menjadi sarang penipu-penipu media online?

Sudah banyak kasus penipuan dari yang berkedok jual beli online sampai akun-akun penimbun sedekah. Kalian bisa baca di http://politwika.com/hati-hati-twitter-semakin-tidak-aman/. Ketika dunia Twitter semakin tidak aman, apa sikap yang harus kita ambil? Tentunya kita ingin hidup dengan aman dan nyaman di Twitter. Oleh karena itu, kami akan membagi tips untuk menghindari penipuan Twitter. Berikut tips-tips untuk menghindari penipuan di Twitter:

  1. Hindari segala jenis phising

Metode phising adalah cara yang sudah lama ada di Twitter. Politwika sudah menbahas ini, bisa dicek di http://politwika.com/phising/. Jika anda mendapatan mention seperti dalam link tersebut, kalian bisa segera tinggalkan atau memencet pilihan “report as spam”. Hindari segala jenis phising, karena biasanya phising bisa berujung dengan penipuan.

  1. Selektif dalam mencari onlineshop

Untuk mencari onlineshop yang benar-benar “terakreditasi” gampang-gampang susah. Tidak cukup untuk melihat reputasi dan testimoni. Untuk lebih mudahnya, ajak dia bertransaksi dengan rekber. Karena sampai sejauh ini, transaksi dengan rekber adalah yang paling aman.

  1. Banyaklah mencari referensi akun

Mencari referensi akun adalah sangat penting. Karena biasanya antara satu akun dengan akun lainnya berbeda. Bisa dilihat jika harga barang di satu akun mahal dan di akun lainnya sangat murah, berarti ada ketidakberesan di salah satu akun. Hal ini perlu kecermatan kita sehingga tidak tertipu begitu saja.

  1. Bisa bertanya ke selebtweet

Jika kalian ragu, kalian bisa bertanya ke selebtweet atau melihat mention orang terdapat akun tersebut. Tetapi bertanya ke selebtweet bisa menjadi alternatif, karena mereka biasanya akan membantu dalam hal satu ini.

  1. Jika diajak bertemu, berhati-hatilah

Kenapa transaksi dengan COD/bertemu tidak disebut sebagai transaksi yang aman. Karena belum tentu ketika bertemu kalian akan aman, bisa saja anda di sana diperas atau bahkan mendapatkan perbuatan yang tidak menyenangkan. Mengerikan bukan? Jika diajak bertemu usahakan anda mengajak orang, jangan sendirian.

  1. Segera tinggalkan jika anda ragu

Jika anda ragu terhadap sebuah akun, segera tinggalkan. Tidak usah berlama-lama apalagi sampai mencoba bertransaksi. Ragu adalah pertanda baik, agar anda berhati-hati dalam memilih.

Related Posts