Trik Ampuh Pemasaran Via Instagram di Tahun 2020

Media sosial selalu mempunyai pergerakkan dan perubahan yang sangat cepat. Teknologinya berkembang semakin canggih, penggunanya pun semakin berinovasi, dan “dipaksa” untuk berdaya kreatif tinggi. Perkembangan dan kemajuan ini tidak hanya mempengaruhi media sosial sebagai alat komunikasi, melainkan juga mempengaruhi sedikit banyak hal yang menyentuh dunia ekonomi, yakni digital marketing.

Terang saja demikian, sebab digital marketing sangat dibutuhkan seiring berubahnya cara masyarakat melakukan transaksi pembelanjaan melalui online shop atau e-commerce. Para pengguna media sosial yang sangat bergantung dengan pemasaran pun harus memperhatikan dengan saksama, tentang platforms baru yang hadir di tengah masyarkat, ataupun tools yang bisa memudahkan untuk meraih atensi dari followers.

Social Media Today merangkum trik-trik tambahan melalui aplikasi ketiga, yang dapat membantumu meningkatkan pemasaran melalui Instagram, dengan ragam cara ini konten yang kamu bagikan pun akan terlihat lebih fresh! Berikut 4 tools yang bisa kamu andalkan untuk menaklukkan Instagram:

 

1. Pixaloop

5 Aplikasi Android Terbaik Juni 2019: Enlight Pixaloop, WeSing

Sumber Gambar: AndroidOut

 

Pixaloop adalah aplikasi animasi foto yang menjanjikan “breathe life into your pictures”. Aplikasi ini dapat memberikan sentuhan berbeda untuk tampilan feeds, dan dapat meningkatkan keterlibatan para pengguna Instagram agar semakin aktif. Fitur utama dari Pixaloop, yakni menyediakan fitur untuk membuat beberapa sisi dari fotomu terlihat bergerak (efek animasi).

Terdapat beberapa aplikasi serupa. Namun, Pixaloop merupakan aplikasi yang paling menarik dan bagus di antara yang lainnya. Pixaloop memiliki banyak fitur tambahan untuk memperkaya animasi yang dihasilkan dari fotomu, seperti efek bintang-bintang, bubbles, atau 3D motion. Aplikasi ini tersedia dalam pilihan: gratis dan berbayar. Jika kamu berlangganan layanan premium biaya yang dikenakan hanya $1 per bulan, tentunya dengan lebih banyak filters di dalamnya.

 

2. Later

How to Create Instagram Stories like the Pros (+ Free ...

Sumber Gambar: Later

 

Gunakan storyboard untuk merencanakan visual cerita apapun yang akan kamu bagikan di Instagram Stories. Kamu bisa menambahkan tautan atau caption dalam jadwal yang sudah kamu atur. Enggak hanya itu saja, kamu juga akan mendapatkan data analisis secara rinci mengenai engagement, impressions, dan clicks pada Instagram Stories.

Ketika waktu tayang yang kamu inginkan tiba, nantinya akan ada pemberitahuan pada smartphone-mu dan kamu hanya perlu satu kali klik untuk menayangkan kontenmu. Sangat memudahkan ‘kan!

 

3. Linktr.ee

Linktree: makkelijk Instagram links veranderen - Affiliate marketing

Sumber Gambar: Affiliateblogger

 

Instagram merupakan platform media sosial yang memiliki peluang bisnis sangat bagus, namun sayangnya kamu hanya memiliki satu tempat untuk menempatkan satu tautan (link­) pada Instagram, yakni di bio profil. Namun, tidak jarang pelaku usaha memiliki banyak tautan, seperti ragam toko online yang tersedia di beberapa e-commerce (Shopee, Bukalapak, Lazada, Tokopedia, dll). Nah, di sinilah Linktr.ee berfungsi! Linktr.ee dapat memungkinkan pengguna Instagram untuk mengarahkan para followers-nya ke halaman web relevan lainnya.

 

4. Unfold

Unfold - Buat Cerita - Aplikasi di Google Play

Sumber Gambar: Google Play

 

Kini Instagram Story sangat diminati oleh para penggunanya, karena filters yang dihadirkan pun sangat interaktif. Para pengguna pun tak hanya jadi penikmat filters, tetapi juga bisa menjadi kreator untuk menciptakan filters. Instagram Stories pun jadi memiliki daya tarik tersendiri.

Cerita-cerita menarik yang ingin kamu bagikan di Insta Stories pun bisa menjadi magnet untuk mendapatkan perhatian dari followers. Unfold menawarkan rangkaian template Insta Stories yang modern dan mengesankan, fitur ini dapat membantumu untuk melekatkan kesan tentang “branding” yang hendak kamu bangun, sekaligus menjadi pembeda di antara konten Insta Stories milik orang lain. Oh iya! Unfold juga terus memperbarui koleksinya secara berkala loh, aplikasi ini menawarkan tema berdasarkan topik musiman atau tren kekinian.

Semoga tools di atas bisa membantumu untuk menemukan cara baru untuk memasarkan brand-mu di Instagram. Yuk, maksimalkan upayamu meraih “pasar” di dunia digital, dan jangan lupa dapatkan keterlibatan yang aktif dari para followers!