Trik Membangun “Pencitraan” di Media Sosial

Social Media Agency

Twitter sebagai ajang pencitraan? Wah, kayaknya sekarang kalau mau terkenal nggak harus selalu muncul di televisi dulu. Media sosial seperti Twitter, Facebook, atau bahkan blog kerap kali memunculkan nama-nama orang terkenal di jagat maya. Apa salah? Tidak, justru hal tersebut bisa jadi alternatif bagi mereka yang ingin namanya eksis di benak orang banyak.

Salah satu sifat dasar manusia adalah untuk diketahui eksistensinya. Hal tersebut merupakan hal yang lumrah mengingat manusia memiliki sifat plural yang unik. Tak ada dua manusia yang memiliki kemiripan persis, berbeda kepala berbeda pula isinya. Sifat dasar manusia tersebut yang akhirnya mendorong setiap manusia ingin mengunggulkan keunikannya. Pada zaman modern seperti sekarang ini di mana teknologi dan informasi berkembang pesat, keinginan manusia untuk menunjukkan potensinya juga telah berkembang. Tujuan mereka menunjukkan potensinya masing-masing juga berbeda. Ada yang hanya ingin terkenal ada pula yang ingin menyebarluaskan karyanya. Maka peran media sosial sangat krusial di sini. Rick Mans, seorang aktivis media sosial asal Belanda juga mengatakan bahwa eksistensi seseorang saat ini diukur berdasarkan eksistensinya secara online, “If you’re not on Google, then you don’t exist.”

(http://dontmindrick.com/opinion/you-not-in-google-dont-exist/)

Personal Branding merupakan proses di mana orang-orang dan karir mereka ditandai sebagai sebuah merek/brand. Indikator meraih kesuksesan juga akan dilihat dari bagaimana seseorang mengemas dirinya sebaik mungkin. Mengingat pentingnya personal branding, maka kami akan bagikan Tips & Trick untuk membangun personal branding anda di media sosial.

  1. Identitas Diri – perkenalkan siapa diri anda, apa yang anda sukai, passion anda dalam karir, dan hal lainnya terkait pembangunan identitas diri anda.
  2. Positioning – Setelah anda memilih identitas diri anda hal yang terpenting adalah apa yang ingin anda ‘jual’ atau tanamkan di benak orang lain mengenai diri anda. Usahakan untuk menonjolkan keunikan anda.
  3. Berperanglah – Bukan berperang dalam artian sebenarnya, karena medan perang anda hanyalah media sosial. Maka mulailah bertarung di media sosial yang cocok untuk keahlian anda. Lalu perkuatlah dengan membuat blog pribadi anda yang menarik dengan konten unik, pertahankan konsistensi identitas diri anda. Jangan terkesan plin-plan.
  4. Rekomendasi – Setelah semua tersusun dengan baik, ada baiknya anda mulai meminta rekomendasi orang-orang terdekat atau kenalan di media sosial. Mencari mitra juga langkah yang tak kalah pentingnya.
  5. Posting – Buatlah posting yang dapat menarik orang lain untuk membaca konten anda, hal ini dilakukan untuk menarik perhatian mereka agar mengikuti blog anda dan direkomendasikan ke teman-teman sekitarnya.
  6. Terakhir persiapkan diri anda untuk menjadi terkenal, jangan lupa untuk tetap konsisten dengan apa yang telah anda bangun sedari awal.

Semoga bermanfaat.

Related Posts