@TweetMiliter: Peluru, Bom atau Perang di Satu Akun

 

Jika kalian mencari akun unik, sungguh banyak di Twitter. Dari akun yang nge-twit hal-hal humor, perjodohan, fakta-faktaa ataupun konspirasi. Bagaimana jika kita ingin mencari akun Twitter berbau militer, perang, senjata atau sejenisnya. Mungkin di benak kalian langsung terpikir akun Twitter TNI. Tapi ada beberapa anak muda yang konsen terhadap dunia militer dan menggagas akun @TweetMiliter.

Kalau kita menengok isi akun tersebut, kita se akan memasuki dunia dimana isinya adalah perang, senjata dan semacamnya. Kali ini kami akan membahas akun tersebut. Simak wawancara melalui email kami dengan salah satu pencetus @TweetMiliter yaitu @ComissarFoxtrot:

  1. Apa sih yang melatar belakangi dibuatnya akun ini? Siapa foundernya dan apa gak ada akun Twitter yang membahas militer sebelum @tweetmiliter dibuat?

Jika ditanya latar belakang dibuatnya akun @TweetMiliter, karena pada saat itu gue belum menemukan adanya akun-akun yang berdedikasi membahas dunia militer, jadinya gue gregetan sendiri karena waktu itu ngerasa udah punya basic-basic untuk membuat sebuah akun yang mendedikasikan diri membahas dunia militer. Founder akun ini sebetulnya ada 3 orang, gue dan kedua temen dekat gue sendiri yang kebetulan satu hobby dan interest, @admiralalpha dan @msyamh. Sebetulnya sebelum @TweetMiliter lahir udah ada akun twitter yang membahas dunia militer, @duniamiliter80 akan tetapi jarang sekali aktif di Twitter, juga tidak ada interaksi terhadap followers seperti yang @TweetMiliter biasa lakukan.

  1. Fokus @tweetmiliter sendiri apa yah kak? Apa membahas seluruh militer di dunia atau hanya di Indonesia saja?

Fokus pembahasan akun @TweetMiliter itu ruang lingkupnya Militer Dunia, tidak hanya sekedar Militer Indonesia saja. Ruang lingkup dunia militer yang @TweetMiliter bahas mencakup taktik, strategi, sejarah, komposisi, pertempuran, hal-hal teknis, seperti membahas taktik gerilya, strategi Leapfrogging nya Jendral Douglas MacArthur, Sejarah satuan-satuan dari Brigade Mangkunegaran sampai Gerombolan Vikings dan Tentara Swasta / PMC, dan lain-lain.

  1. Oh ya kak, mengenai hal-hal militer nih. @tweetmiliter itu sudut pandangnya berkiblat ke militer Amerika, Rusia atau yang lainnya nih?

Jika ditanya soal Kiblat, bisa dibilang @TweetMiliter berkiblat ke banyak arah, karena masing-masing admin di @TweetMiliter punya preferences masing-masing mengenai kiblat sudut pandang dalam membahas kemiliteran. walau begitu pada umumnya @TweetMiliter tidak berkiblat secara mutlak kemanapun juga.

  1. Awal membuat akun @tweetmiliter, gimana sih tanggapan netizen Indonesia ke akun ini?

Wah, tanggapan netizen di Indonesia pada masa awal @TweetMiliter berdiri sih bisa dibilang sepi sih ya, yang pertama-pertama follow @TweetMiliter pada umumnya karena penasaran terhadap akun ini, itupun setelah minta tolong promosi admin-admin lain sampai minta bantuan akun @GNFI untuk ikut mempromosikan akun @TweetMiliter. Pada masa awal @TweetMiliter berdiri, netizen-netizen di Indonesia pada umumnya engga punya / sedikit interest dengan dunia militer kalau dari hasil pengamatan sendiri sih ya. Susah sekali bisa mendapatkan followers yang mengerti dan paham dunia kemiliteran sampai bisa diajak ngobrol asik di twitter tentang dunia kemiliteran

  1. Nah, kan sekarang akun @tweetmiliter ini udah ngehits dan followersnya banyak. Apa sih kak ciri khas atau langkah @tweetmiliter menjadi terkenal?

@TweetMiliter menggunakan pendekatan bahasa yang mudah dipahami oleh kalangan yang awam, seringkali menggunakan analogi-analogi yang familiar untuk mempermudah followers mencerna apa yang dibahas oleh @TweetMiliter. Selain itu, @TweetMiliter juga setia melakukan interaksi dengan para followers, jika ada followers bertanya, dijawab sebisa mungkin. Jika ada followers minta membahas materi ini, ditampung dulu lalu dibahas dilain waktu jika ada kesempatan. selain itu @TweetMiliter juga suka pedas kalau mengkritik hal-hal terkini di perkembangan militer indonesia, tetapi mengkritiknya tidak hanya asal kritik, juga ada dasarnya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan setiap argumennya.

  1. Sejak muncul di Twitter dari tahun 2012, apa sih pengalaman menarik yang didapat dari twit-twitnya? Apa @tweetmiliter memiliki haters? Terus, pernah twit war gak? Twit war yang paling dikenang ketika lawan siapa kak?

Pengalaman menarik selama ngadmin di @TweetMiliter ya…. sebetulnya banyak sih, gue ceritakan yang paling berkesan saja tidak apa apa ya. Pengalaman paling menarik berkesan pertama adalah ketika @thenazisgeneral, salah seorang followers setia @TweetMiliter gue rekrut menjadi admin. walau awalnya tidak pernah ketemu sebelumnya, gue merekrut beliau karena rasa percaya dan interest yang sama, sampai sekarang terutama setelah bertemu dengan beliau dan sering ngumpul bareng ketika sedang liburan semester bareng admin-admin lainnya, beliau masih eksis dan setia di @TweetMiliter, beliau bercerita bagaimana @TweetMiliter mengubah hidupnya, membuatnya kenal orang-orang baru yang tidak pernah dia tau sebelumnya, pengalaman-pengalaman baru yang belum pernah dialami sebelumnya. Gue sendiri tidak menyangka akun yang saya ciptakan karena “iseng” ini bisa mengubah hidup orang lain, dan jujur saya akui dengan adanya @TweetMiliter hidup gue ngga akan pernah sama lagi. Twitwar paling dikenang waktu twitwar melawan @iboy_10 . Itu twitwar paling gue kenang karena beliau ngga pernah menyerah memaki dan menyerang gue, ngga ragu-ragu untuk ad hominem sampai memaki-maki pribadi gue sendiri, mengecap dan memfitnah gue punya kelainan jiwa dan keterbelakangan mental dan otak, semacam itu.

  1. Terakhir nih kak, ada pesan, saran atau kritik terhadap netizen Indonesia? terutama yang sering nyerang @tweetmiliter hehehe…

Kritik gue, Netizen di Indonesia sebagian besar masih suka mempersoalkan hal-hal yang sebetulnya ga ada faedahnya dipersoalkan seperti urusan religi. kalau ributin agama melulu kapan mau ngirim astronot ke orbit? disini kita kelahi perkara halal haram, India udah ngirim robot ke Mars, jepang segera mengirim wahana robot ke Bulan, China berencana membangun stasiun luar angkasa, disini? Jangan asal intepretasi isi berita atau artikel, lakukan riset atau kajian sebelum memberikan twit-twit bantahan, sanggahan atau bahkan tambahan. jangan asal mengambil kesimpulan terlalu dini dalam menyikapi persoalan yang sedang hot di twitterland, jangan langsung percaya mentah mentah fakta-fakta yang di twitkan orang lain,

Itulah pengakuan-pengakuan @ComissarFoxtrot tentang @TweetMiliter. Sebuah akun unik dan mungkin satu-satunya yang aktif menginformasikan tentang dunia militer di Indonesia. Segera cari akun tersebut dan follow. Tidak rugi untuk follow @TweetMiliter. Infonya bergizi untuk lingkar otak dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Salam Takzim!