Waspada Akun Medsos Publik Figur Palsu

Pagi ini kita dihebohkan berita dari Bisnis.com (Terungkap, Akun Media Sosial Tommy Soeharto Palsu) yang mengatakan bahwa akun @HutomoMP_9 adalah palsu. Akun yang digadang-gadang milik Tommy Soeharto tersebut pun berubah nama menjadi @petugas_rakyat. Sialnya, sudah terlanjur banyak media massa mengutip twit-twit akun tersebut untuk dijadikan berita seperti berita Tommy Soeharto Peringatkan Yorrys.

Sebelumnya banyak sekali bermunculan akun publik figure yang ternyata palsu. Pemain Timnas Indonesia Evan Dimas (@Evan_DD) juga mengalami nasib ini. Banyak sekali akun palsu Evan Dimas, bahkan followersnya lebih banyak contohnya @EvanDimasD. Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan pun pernah dipalsukan dengan nama @IgnasiusJonan. Sampai akun resmi Kemenhub (@kemenhub151) harus mengklarifikasinya.

Kita juga mungkin masih mengingat kasus akun palsu Abraham Samad (@SamadAbraham). Kasus ini membuat heboh karena twit-twitnya yang berisi ancaman pembunuhan terhadap Jokowi dan banyak tuduhan negatif terhadap Prabowo. Hingga Gerindra pun mendesak kasus ini diselesaikan secara hukum.

Lantas bagaimana ke depannya agar kita tidak tertipu masalah ini, apalagi hingga media massa mengutip twit tersebut untuk dijadikan berita. Simak ulasan kami berikut ini:

  1. Ada Tanda Verified

Bagi publik figur penting untuk mendapatkan tanda verified dari Twitter. Tanda verified dari Twitter dapat meyakinkan siapa pun bahwa akun tersebut adalah akun asli. Sehingga memudahkan bagi siapapun untuk berinteraksi dengannya.

  1. Lihat Followers Dia

Akun publik figur yang asli akan difollow akun publik figur lain di media sosial. Misalnya akun Ariel Noah (@R_Besar) yang sudah verified akan difollow Agnes Monica (@agnezmo) dan Ridwan Kamil (@ridwankamil). Dengan melihat 2 followers tersebut menekankan kalau akun @R_Besar adalah akun Ariel Noah yang asli.

  1. Lihat Interaksi Dia

Seorang publik figur tidak selalu aktif di media sosial. Dia akan lebih memilih untuk berinteraksi dengan orang-orang tertentu. Lihat juga bagaimana kalimat-kalimat dia dalam berinteraksi. Kebanyakan publik figur akan selalu menjaga image dia dimana pun, baik media sosial.

  1. Jangan Percaya Jumlah Followers

Banyak followers tidak menjadikan sebuah akun bisa dipercaya. Karena bisa saja dia membeli followers untuk tujuan tertentu. Karena seorang publik figur pasti akan difollow oleh banyak orang tanpa harus membeli followers

Semoga dengan empat langkah di atas kamu tidak mudah tertipu dengan akun-akun palsu publik figur lainnya. Juga membuat banyak orang lebih berhati-hati terutama media massa dalam mengutip untuk dijadikan berita. Jangan mudah percaya dan jadilah orang yang cerdas di dunia media sosial.

Related Posts